Minggu, April 21, 2024
Google search engine
Beranda359 Napi di Rutan Kajhu Ikut Nyoblos

359 Napi di Rutan Kajhu Ikut Nyoblos

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Sebanyak 359 warga binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Banda Aceh di kawasan Kajhu, ikut nyoblos di Pemilu tahun 2024, Rabu (14/2/2024).

Berdasarkan pantauan Waspadaaceh.com di lokasi, pencoblosan berlangsung sekira pukul 10.00 WIB. Di Rutan Kajhu sendiri tersedia dua Tempat Pemungutan Suara (TPS). Para Napi tampak berbaris dan memegang surat undangan yang baru dibagikan menuju ke bilik suara.

Kepala Rutan (Karutan) Kelas IIB Banda Aceh, Rian Firmansyah, mengatakan jumlah warga binaan di Lapas Kajhu sebanyak 455 orang, namun yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 hanya 359 orang. Mereka yang ikut memilih merupakan warga binaan yang sudah masuk dalam aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih).

“Sementara sisanya yang tidak menggunakan hak pilihnya merupakan warga binaan baru, sehingga tidak masuk dalam data pemilih di Rutan,” kata Rian saat ditemui Waspadaaceh.com.

Adapun petugas teknisnya, lanjut Rian, pihak Rutan bekerjasama dengan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar. Dimana Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pengawas berasal dari Rutan, sementara Linmas diambil dari Gampong Kajhu.

Dia memastikan, seluruh tahanan Kajhu dalam keadaan sehat, sehingga tidak perlu didampingi saat menyalurkan hak suaranya di Pemilu 2024.

“Alhamdulillah untuk Rutan Banda Aceh hari ini semuanya tidak perlu didampingi. Karena mereka semua dalam keadaan sehat walafiat,” jelasnya.

Dia berharap, khusus pencoblosan di Rutan Kajhu dapat berjalan dengan aman dan kondusif, sehingga warga binaan dapat menyalurkan aspirasinya dengan tenang di Pemilu 2024 ini. (*)

BERITA TERKINI
- Advertisment -
Google search engine

BERITA POPULER