Beranda Olahraga 3 Pesilat Pelatda PON Terlalu Tangguh di Kejuaraaan Pemerintah Aceh

3 Pesilat Pelatda PON Terlalu Tangguh di Kejuaraaan Pemerintah Aceh

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Tiga pesilat Aceh yang sedang dipersiapkan ke PON XX/2021 Papua melalui pemusatan latihan daerah (Pelatda) merajai Kejuaraan Pemerintah Aceh yang digelar di GOR KONI Aceh, di Banda Aceh, 4 – 7 April 2021.

Ketiga pendekar Aceh tersebut, M Difa, Misran dan Ardila, menjadi lawan tangguh bagi pesaingnya di kelas masing-masing.

Bahkan, dua diantaranya, M Difa dan Ardila sudah menyelesaikan pertarungan final, Selasa sore (6/4/2021) dan tampil sebagai juara.

Ardila yang turun berlaga di kelas D putri tampil sebagai juara setelah menang telak 3 – 0 atas lawannya, Sundari Aria dari Aceh Selatan.

Sementara M Difa meraih juara setelah menang walk over (WO) atas M Zapri dari Aceh Tenggara yang tidak hadir di partai final. M Dipa maju ke final setelah di semi final menundukkan pesilat Aceh Tamiang.

Sedangkan Misran yang bertarung di kelas C putra maju ke final yang pertandingannya dimulai malam nanti melawan pesilat dari Aceh Tamiang, sekaligus pembagian hadiah bagi para juara dan penutupan Kejuaraan Pemerintah Aceh oleh Ketua Umum Pengprov IPSI Aceh, Azhar Abdurrahman.

Sekretaris Umum IPSI Aceh, Maszuar kepada posaceh.com disela-sela menyaksikan partai final, Ardila versus Sundari, menyebutkan, prestasi bagi tiga pesilat PON Aceh tersebut di Kejuaraan Pemerintah ini bukan ukuran, namun mengalami progres dari Pelatda yang telah dijalani selama ini.

Kecuali itu, sebutnya, pagelaran kejuaraan ini menjadi awal menghidupkan dan menggairahkan kembali event dan pembinaan silat di Aceh. “Selama ini, beberapa tahun belakangan ini memang sama sekali tidak ada kejuaraan, ” katanya.

Katanya, ke depan IPSI Aceh berupaya menggadakan dan memunculkan banyak event yang rutin digelar, sehingga akan banyak muncul pesilat pontensial yang dapat dipersiapkan menghadapi PON XXI/2024 Aceh – Sumatera Utara.

Sementara itu, seorang pelatih Pelatda Silat PON Aceh, Irwan Toni menyebutkan, peformance atlet PON sudah bagus, ada kemajuan dari hasil Pelatda yang telah dijalani.

Begitupun, katanya, hasil di kejuaraan tersebut belum memuaskan karena bukan ukuran, karena event tingkat daerah se Aceh. “Nanti kita lihat lagi progres pesilat itu pada try-out (ujicoba keluar) Juni yang direncanakan di Jawa Timur,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Maksamina menyebutkan, kejuaraan Pemerintah Aceh ini diikuti 500 pendekar utusan dari 20 pengurus IPSI kabupaten/kota di Aceh.

Kejuaraan tersebut mempertandingkan empat kelas putri dan 11 kelas putra memperebutkan hadiah total Rp50 juta. (Ria)

BERBAGI