3 Kali Masuk Bui, Anwar Ibrahim Akhirnya Jadi PM Malaysia

    BERBAGI
    Datuk Seri Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah mengucapkan sumpah di Istana Negara, Kamis (24/11/2022). (Foto/Ist)

    Kualalumpur (Waspada Aceh) – Datuk Seri Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah mengucapkan sumpah di Istana Negara, Kamis (24/11/2022).

    Pemimpin koalisi Pakatan Harapan itu berjanji akan menjaga kepercayaan sebagai Perdana Menteri Malaysia dengan penuh kerendahan hati dan tanggung jawab. Anwar dilantik di hadapan Raja pada pukul 17.00 waktu setempat di Istana Malaysia.

    Anwar Ibrahim dipilih sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah Raja menggelar pertemuan khusus dengan para penguasa terkait situasi politik di negara tersebut. Hasil pemilu sebelumnya telah meningkatkan kekhawatiran atas ketidakstabilan politik di Malaysia.

    Saat pelantikan, Anwar bersumpah akan sungguh-sungguh dengan jujur memenuhi tugasnya sebagai Perdana Menteri Malaysia. Setelah mengambil sumpahnya, Anwar menandatangani surat penunjukan, disaksikan Hakim Ketua Tengku Maimun Tuan Mat dan Ketua Sekretaris Pemerintah Mohd Zuki Ali.

    Sementara itu dikutip dari unggahan Twitternya, Anwar mengatakan, dia akan memikul tanggung jawab berat bersama tim berdasarkan kemauan dan hati nurani rakyat.

    Anwar Ibrahim diketahui melalui perjalanan panjang dan berliku hingga diangkat menjadi PM Malaysia. Dia sempat dibui tiga kali di tengah perjuangannya menegakkan reformasi. (*)

    BERBAGI