Beranda Aceh Himpunan Pramuwisata Indonesia Adakan Gotong Royong Massal di Pesisir Pelabuhan Ulelheu

Himpunan Pramuwisata Indonesia Adakan Gotong Royong Massal di Pesisir Pelabuhan Ulelheu

BERBAGI
Para relawan memungut sampah pada acara beach cleaning, di sekitar pantai Pelabuhan Ulee Lheue, Kota Banda Aceh, Minggu (14/2/2021). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) РHimpunan Pramuwisata Indonesia  (HPI) Banda Aceh mengadakan gotong royong massal dengan tema Beach Cleaning, bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, dan didukung Genpari Aceh, IKAMBA, dan Tosca serta komunitas lainnya, Minggu (14/2/2021).

Acara gotong royong membersihkan pantai dimulai pukul 08.00 WIB pagi dengan melakukan pengutipan sampah di area pesisir pantai Pelabuhan Ule Lheue, Banda Aceh.

“Beach cleaning ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh HPI Banda Aceh. Kegiatan ini bisa diikuti oleh siapa saja,” kata Siti Jihadun Nufus, Ketua DPC HPI kota Banda Aceh, Minggu (14/2/2021).

Dia mengatakan, tahun sebelumnya, kegiatan beach cleaning dilaksanakan di Pantai Lamtong, di Desa Ule Lheue Kecamatan Meraxa, Kota Banda Aceh.

Setelah HPI dan tim lainnya melakukan cek beberapa lokasi wisata, disepakati lokasi beach cleaning tahun ini diadakan di pesisir pantai Pelabuhan Ulee Lheue.

“Jenis sampah yang ditemukan, antara lain botol minuman, plastik bungkusan makanan, dan tusuk lidi yang terdapat di celah batu pesisir pelabuhan,” ujar Maulidin, peserta gotong-royong.

“Alhamdulillah beberapa hari lalu yang mendaftar dalam kegiatan ini lebih kurang 80 orang. Meskipun pada hari ini ada yang tidak bisa hadir, mungkin bisa hadir pada acara beach cleaning berikut nya ditahun mendatang,” pungkasnya.

Jihan juga berharap, perlunya penambahan tong sampah baru, dan meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di area pesisir pantai. Dia berharap, kegiatan itu dapat memberi manfaat dan kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan.

Kepada Waspadaaceh.com melalui seluler, Minggu (14/2/2021), Kepala Dinas Pariwisata kota Banda Aceh, Iskandar mengatakan, kegiatan beach cleaning sangat bermanfaat dilaksanakan di kawasan pesisir Ule Lheue. Karena Ule Lheue, kata dia, salah satu pusat wisata dan menjadi lokasi berlalu lalang masyarakat dari Pelabuhan Ule Lheue – Sabang. (Fanz)

BERBAGI