Ini Dia Kantor Kepala Desa Mirip Istana Negara

    BERBAGI
    Kantor desa mirip Istana Negara di Desa Cempaka, Kecamatan Sungkai Jaya., Lampung Utara. (Foto/hariansiber.com)

    Jakarta – Dalam beberapa minggu terakhir, media sosial diramaikan dengan foto sebuah kantor kepala desa yang bangunannya mirip gedung Istana Negara. Gedung ini dibangun atas pembiayaan dana desa (DD).

    Kantor desa ini terletak di Desa Cempaka, Kecamatan Sungkai Jaya, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung. Bangunan ini telah menjadi sorotan publik. Bukan karena kinerja yang buruk namun karena kecerdasan sang Kepala Desa Cempaka, yang telah berhasil membangun “Istana Negara” di desa tersebut.

    Dari 75.436 desa yang ada di Indonesia, hanya ada dua desa yang berhasil menciptakan bangunan kantor desanya didesain mirip Istana Negara. Salah satunya Desa Kemuning Sari Kidul Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember, Jawa timur dan Desa Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya Kabupaten Lampung Utara.

    Saat dijumpai di ruang kerjanya, Kades Cempaka, Hj.Rizki Puspa Dewi, mengatakan, dia bersyukur dan berterima kasih kepada pemerintahan pusat yang telah mengalokasikan dana desa.

    “Sehingga di tahun 2020 apa yang telah menjadi impian kami dan masyarakat Desa Cempaka bisa terwujud,” kata Rizki Puspa Dewi.

    “Alhamdulilah di tahun 2020 ini Desa Cempaka telah memiliki kantor desa baru yang ornamennya mirip Istana Negara,” kata kepala desa tersebut, sebagaimana dikutip dari hariansiber.com, Jumat (20/11/2020).

    Kades berparas ayu ini menjelaskan, bangunan Kantor Desa Cempaka ini di atas tanah seluas 30 x 30 meter, luas bangunan 6×26 meter dan tinggi bangunan 6 meter. Dilengkapi tiang utama (pilar) penyangga bangunan sebanyak 6 tiang, sehinga mirip Istana Negara. Dana yang digunakan untuk biaya pembangunan ini melalui dana desa (DD) sebesar Rp382.031.500 (atau sekitar Rp382 Juta).

    Sedangkan asal tanah bangunan kantor Desa Cempaka adalah tanah hibah dari H.Djuhri gelar Ratu Sampurna Jaya, ayahanda Hj.Rizki Puspa Dewi, Kades Cempaka ini.

    Selain menghibahkan tanah untuk pembangunan kantor Desa Cempaka, H.Djuhri juga menghibahkan tanah untuk Pembangunan Mushola dan TPA dengan luas tanah 15×30 meter. H.Djuhri merupakan salah satu tokoh masyarakat di Desa Cempaka Kecamatan Sungkai Jaya yang juga pernah menjabat Kades Cempaka selama lima periode. (**)

    BERBAGI