Lagi, 129 Pasien Sembuh dari COVID-19, Kasus Konfirmasi Baru di Aceh 117 Orang

    BERBAGI
    ILUSTRASI. (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Berita gembira, sebanyak 129 pasien Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Aceh, dilaporkan sembuh. Sementara kasus konfirmasi baru hasil uji swab dengan Real Time Polymerase Chain Reaction (PCR), tercatat 117 orang positif dan 6 orang meninggal dunia.

    Juru Bicara Satgas Covid-19 Aceh, Saifullah Abdulgani yang akrab disapa SAG kepada pers, Jumat (16/10/2020), mengatakan, semua harus bersyukur kepada Allah SWT atas kesembuhan penderita COVID-19 yang terus bertambah.

    Menurut SAG, meski angka kesembuhan terus meningkat dan kematian menurun, tapi disiplin menjalankan Protokol Kesehatan jangan pula dikendorkan. Masyarakat secara individual maupun  kelompok harus sama-sama berikhtiar dan saling melindungi.

    Caranya hanya disiplin menjaga jarak, tidak mengumpulkan banyak orang, dan disiplin memakai masker.

    “Orang yang abai pada Protokol Kesehatan laksana memacu kendaraan berlawanan arah di jalan raya. Semua orang di sekitarnya berpotensi menanggung risiko yang sama,” tutur SAG.

    Menurut Jubir COVID-19 yang juga Jubir Pemerintah Aceh itu, orang yang sok jagoan menantang virus Corona, alih-alih mendapatkan aplus atau tepuk tangan, melainkan patut ditegur dan diingatkan bahwa tindakannya itu merupakan acaman bagi jiwa orang lain.

    Selanjutnya SAG merinci 129 penderita COVID-19 yang dilaporkan sembuh, dalam 24 jam terakhir, meliputi warga Aceh Tamiang 24 orang, Langsa 23 orang, Banda Aceh 20 orang, Aceh Besar 15 orang, Bener Meriah 10 orang, Nagan Raya 9 orang.

    Selanjutnya, warga Aceh Singkil dan warga Subulussalam masing-masing 7 orang, Bireuen 6 orang, Aceh Barat Daya 4 orang, Aceh Selatan 3 orang, dan warga Kota Sabang sebanyak 1 orang.

    Sementara itu, SAG juga merinci kasus-kasus konfirmasi sebanyak 117 orang,  yang meliputi warga Kota Langsa sebanyak 29 orang, Banda Aceh 21 orang, Aceh Utara 17 orang, Aceh Besar 16 orang, Gayo Lues 13 orang, Singkil 6 orang, Aceh Timur 4 orang, dan Bireuen 3 orang.

    Sedangkan warga Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Bener Meriah, Lhokseumawe, Pidie, dan Pidie Jaya, dilaporkan masing-masing bertambah 1 orang korban virus Corona. Sementara 2 orang lainnya merupakan warga dari luar daerah, berdasarkan identitas KTP yang dimikinya.

    Perkembangan COVID-19

    Seperti biasa, SAG melaporkan kasus COVID-19 Aceh secara akumulatif, terhitung sejak 27 Maret 2020. Jumlah akumulatif kasus COVID-19 di Aceh sudah mencapai 6.252 orang. Penderita yang  dirawat 1.880 orang, sembuh 4.146 orang, dan 226 orang meninggal dunia.

    “Korban COVID-19 yang meninggal dunia bertambah 6 orang, yakni masing-masing warga Banda Aceh 4 orang, dan warga  Aceh Besar 2 orang,” ujar SAG.

    Sementara itu, lanjut Jubir COVID-19 Aceh itu, kasus-kasus probable di Aceh secara akumulasi sebanyak 524 orang. Dari jumlah tersebut, 78 PDP/probable dalam penanganan tim medis (isolasi RS), 418 sudah selesai isolasi, dan 28 orang meninggal dunia.

    Sedangkan jumlah kasus suspek di seluruh Aceh hari ini telah mencapai 3.313 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.958 orang sudah selesai masa pemantauan (selesai isolasi), 348 orang dalam proses isolasi di rumah, dan 7 orang isolasi di rumah sakit, demikian SAG. (Ria)

    BERBAGI