H.Harun, Wartawan Senior di Aceh Meninggal Dunia

    BERBAGI
    H.Harun (Almr) diapit dua wartawan, Adnan NS dan Nazari NS di masjid yang didirikannya, Kamis 20 Agustus 2020. (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Innalilahi wainnailaihi rajiun. Jajaran wartawan di Provinsi Aceh merasa berduka atas meninggalnya sosok H.Harun Keuchik Leumiek, di rumahnya kawasan Simpang Surabaya, Banda Aceh, Rabu (16/9/2020).

    “Kalangan pers di Aceh kehilangan tokoh penting di dunia kewartawananan dan tokoh sejarah serta budaya H.Harun. Dia banyak berkontribusi dalam memajukan dunia pers di Aceh,” kata Aldin NL, Sekreatris PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Aceh.

    Di kalangan wartawan, Almarhum semasa hidupnya tidak hanya peduli pada dunia pers, tapi juga tokoh penting dalam sejarah budaya dan adat Aceh. Dia dikenal sebagai tokoh yang peduli dengan warisan budaya Aceh.

    Almarhum juga dikenal sebagai wartawan senior yang religius. H.Harun tahun lalu telah menyelesaikan pembangunan sebuah masjid yang cukup indah, yang kemudian diberi nama Masjid Keuchik Leumiek (KL), di Desa Lamseupeng, Lueng Bata, Banda Aceh.

    Selain itu H.Harun menjadikan rumahnya sebagai museum yang diisi oleh berbagai benda warisan lintas sejarah masa lalu Aceh.

    Rencananya almarhum dikebumikan hari ini juga di pemakaman keluarga. Terakhir, almarhum tercatat sebagai Penasehat PWI Aceh. (Ria)

    BERBAGI