Beranda Teknologi Ini Dia Penampakan Mobil Terbang Buatan Jepang

Ini Dia Penampakan Mobil Terbang Buatan Jepang

BERBAGI
Perusahaan Jepang, Sky Drive, melakukan uji coba mobil terbang yang diberi nama SD-03. Mobil terbang ini mampu lepas landas dan mendarat vertikal serta mengitari lapangan selama kurang lebih empat menit. (Foto/video/Ist)

Jakarta – Para ilmuan dan perusahaan otomotif di seluruh dunia sejak dekade terakhir ini berusaha menciptakan mobil yang lebih fleksibel, yang bisa berjalan di darat sekaligus bisa terbang. Bahkan beberapa perusahaan berusaha mengembangkan mobil amfibi, yang bisa di darat dan bisa pula berjalan di atas air.

Belum lama ini, sebuah perusahaan Jepang, Sky Drive Inc, telah mengumumkan keberhasilan mereka melakukan uji coba mobil terbang. Perusahaan tersebut menyatakan telah melakukan demonstrasi publik pada 25 Agustus 2020, di Toyota Test Field, salah satu perusahaan terbesar dan rumah bagi basis pengembangan perusahaan mobil di Jepang.

Sebagaimana dilansir dari CNNIndonesia.com, demonstrasi itu adalah kegiatan publik pertama untuk mobil terbang dalam sejarah Jepang. Mobil yang diberi nama SD-03 dan diawaki pilot itu, lepas landas dan mengitari lapangan selama kurang lebih empat menit.

“Kami sangat senang telah mencapai penerbangan mobil berawak pertama di Jepang dalam dua tahun sejak kami mendirikan SkyDrive, dengan tujuan untuk mengkomersilkan pesawat semacam itu,” kata CEO Tomohiro Fukuzawa, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Minggu (30/8/2020).

Fukuzawa mengatakan pihaknya ingin mewujudkan sebuah lingkungan yang menjadikan mobil terbang sebagai alat transportasi yang mudah diakses dan nyaman di udara serta membuat orang dapat menjalani hidup baru dengan cara yang aman, terjamin, dan nyaman.

Menurut perusahaan tersebut, SD-03 merupakan kendaraan lepas landas dan pendaratan vertikal listrik terkecil di dunia dan memakan ruang sekitar dua mobil yang diparkir. Itu juga memiliki delapan motor untuk memastikan keamanan dalam situasi darurat.

“Dalam mendesain genre baru transportasi yang belum dijelajahi dan dikenal sebagai mobil terbang, kami memilih kata kunci progresif ‘sebagai inspirasi,'” kata Direktur Desain Takumi Yamamot.

“Kami ingin kendaraan ini futuristik, karismatik, dan diminati oleh semua pelanggan di masa mendatang, sambil sepenuhnya menggabungkan teknologi tinggi SkyDrive,” tambahnya.

Perusahaan ini juga berharap menjadikan mobil terbang itu sebagai bagian dari kehidupan normal dan bukan sekedar komoditas. Lebih banyak uji penerbangan akan dilakukan di masa mendatang dalam kondisi berbeda untuk memastikan keselamatan dan teknologi kendaraan memenuhi standar industri.

Keberhasilan penerbangan ini membuka kemungkinan besar bahwa mobil tersebut akan diuji di luar lapangan Toyota Test pada akhir tahun ini.

Perusahaan juga dilaporkan akan terus mengembangkan teknologi untuk meluncurkan mobil terbang pada 2023. Sejauh ini, Sky Drive belum mengumumkan kisaran harga mobil terbang tersebut. (**)

BERBAGI