Beranda Info Aceh Jaya Cegah Stunting Sejak Dini, Pemkab Aceh Jaya Lauching Program RGG

Cegah Stunting Sejak Dini, Pemkab Aceh Jaya Lauching Program RGG

BERBAGI
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Ernani Wijaya, memberikan vitamin kepada seorang balita usai kegiatan lauching Rumoh Gizi Gampong (RGG), Senin (24/8/2020). (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Kesehatan setempat melauching program Rumoh Gizi Gampong (RGG) di halaman Paud Bungong Jeumpa Desa Meukhan Kecamatan Indra Jaya, Senin (24/8/2020).

Kegiatan tersebut, turut dihadiri Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB, Kepala Dinas Pangan, T. Mulfizal, Kepala Dinas DPMPKB, T. Reza Pahlevi dan Kepala DLH, Joni Saputra serta unsur Muspika Indra Jaya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Jaya, Ernani Wijaya, usai kegiatan mengungkapkan, program tersebut dilaksanakan di 17 desa dalam 3 kecamatan, yakni Kecamatan Indra Jaya, Setia Bakti dan Panga. Tiga kecamatan ini sebagai pilot model pencegahan dan penanganan stunting terintegrasi melalui Rumoh Gizi Gampong (RGG).

“Sumber anggaran pelaksanaan kegiatan lauching ini terkait dengan dana dari DAK Non Fisik. Dana pelaksanaan Program Rumoh Gizi Gampong (RGG) bersumber dari anggaran Otsus DPA Dinas Kesehatan Aceh Jaya,” ungkapnya.

Untuk pembinaan, lanjutnya, melibatkan beberapa SKPK terkait, dengan menggunakan dana di instansi masing-masing.

Dia menerangkan, konsep RGG (Rumoh Gizi Gampong) tersebut merupakan inovasi pertama di Aceh dengan memadukan dan mengintegrasikan semua layanan intervensi, baik spesifik maupun sensitif. Seperti layanan PMBA (Pemberian Makanan Bayi dan Anak), MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakti) Sanitasi (STBM) serta (Kawasan Rumah Pangan Lestari).

“Saat ini, kita menghadapi persoalan mengenai gizi anak dan balita yang populer dengan istilah stunting. Bedasarkan data dari pemantauan EPPGBM Aceh Jaya tahun 2019 sebanyak 864 kasus dan tahun 2020 sebanyak 661 kasus,” urai Ernani

Meskipun mengalami penurunan signifikan dari tahun ke tahun, Ernani berkomitmen untuk terus melakukan upaya agar angka stunting di Aceh Jaya menjadi nol.

“Kita komit, untuk menurunkan angka stunting di Aceh Jaya. Kami juga membutuhkan kerjasama dari semua kalangan, agar program RGG ini berjalan dengan baik hingga akhir,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya T. Irfan TB mengungkapkan, dengan adanya program Rumoh Gizi Gampong dapat mencegah stunting sejak dini.

“Kita menekankan kepada dinas terkait agar memantau dan terus mendampingi penerapan program ini hingga akhir. Program ini merupakan tanggung jawab bersama demi meningkatkan taraf kehidupan balita agar tidak stunting,” ujar Bupati Irfan. (Zammil)

BERBAGI