Antisipasi Lonjakan Pasien COVID-19, Pagi ini Ruang Pinere 3 dan 4 RSUDZA Diresmikan

    BERBAGI
    Sektaris Daerah Aceh dr. Taqwallah, M.Kes, bersama Direktur dan Wadir RSUDZA Banda Aceh, Minggu (9/8/2020), meninjau pendirian tenda darurat dan renovasi ruangan rumah sakit lama RSUZA untuk penanganan pasien COVID-19. (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Menyikapi eskalasi peningkatan jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Senin pagi ini (10/8/2020) Pemerintah Aceh meresmikan pengoperasian ruang isolasi Pinere 3 dan Pinere 4 di komplek Rumah Sakit Umum Daerah dr.Zainoel Abidin (RSUDZA) lama Banda Aceh.

    Ruang Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Pinere) dibangun untuk menampung pasien COVID-19 yang akhir-akhir ini jumlahnya terus meningkat di Provinsi Aceh.

    Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah menjelaskan, Minggu (9/8/2020), penambahan ruang ini sebagai bentuk antisipasi, jika peningkatan jumlah pasien terus terjadi.

    “Sejak awal virus ini merebak, upaya antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh selalu di atas trend dari perkiraan kasus yang terjadi. Sesuai instruksi Pak Plt Gubernur, bahwa seluruh aparatur di Pemerintah Aceh harus siap dan terlibat aktif dalam upaya pencegahan COVID-19. Dan, Insya Allah kita sangat siap. Besok, ruang Pinere 3 dan 4 akan diresmikan,” ujar Sekda.

    Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Aceh ini menambahkan, dengan diresmikannya ruang Pinere 3 dan 4 ini, maka RSUDZA akan memiliki penambahan sebanyak 50 tempat tidur.

    “Ruang Pinere 3 berkapasitas 26 tempat tidur dan Pinere 4 berkapasitas 24 tempat tidur. Jadi, total akan ada penambahan 50 tempat tidur rawatan bagi pasien COVID-19,” sambung Sekda.

    Selain Pinere 3 dan 4, sambung Taqwallah, saat ini Pemerintah Aceh juga sedang mempersiapkan ruang Pinere 5 dan 6, juga di RSUDZA lama.

    “Ruang Pinere 5 dan 6 saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Insya Allah, dalam waktu dekat sudah bisa diresmikan dan siap digunakan. Jika Pinere 5 dan 6 selesai, maka akan ada tambahan tempat perawatan pasien COVID-19. Nantinya, Pinere 5 akan memiliki kapasitas sebanyak 40 tempat tidur dan Pinere 6 sebanyak 30 tempat tidur,” kata Taqwallah.

    Dalam kesempatan tersebut, pria yang pernah dinobatkan sebagai Dokter Teladan itu, juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh serta Satpol PPWH Aceh yang telah secara bersama-sama membersihkan dua ruangan di RSUDZA lama.

    “Ruang Pinere 3 dan 4 adalah ruang yang dibersihkan beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, untuk turut membantu membenahi dua ruangan lama di RSUDZA. Alhamdulillah, besok ruangan tersebut sudah siap menerima pasien,” kata Taqwallah. (Ria)

    BERBAGI