Awas! 87 Persen Wilayah Aceh Terpapar Virus Corona

    BERBAGI
    ILUSTRASI. Petugas dengan alat pelindung diri (APD) ketika memakamkan seorang pasien PDP di Aceh Utara, Minggu (31/5/2020). (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Kabupaten/kota di Aceh yang terpapar virus Corona atau COVID-19 telah mencapai 87 persen.

    Artinya, dari 23 Kabupaten/kota di Aceh, hanya tersisa tiga daerah saja yang masih bebas COVID-19, yakni Aceh Singkil, Pidie Jaya dan Nagan Raya.

    “Ketiga kabupaten ini masih nihil korban COVID-19, meski secara akumulatif jumlah COVID-19 di seluruh Aceh, sudah mencapai 410 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau SAG, Sabtu malam (1/8/2020).

    Sementara mengutip data Kementerian Kesehatan RI, pada Sabtu, jumlah kasus yang dilaporkan positif Corona di Provinsi Aceh, udah mencapai 415 orang.

    SAG merinci distribusi dan frekuensi kasus COVID-19 di seluruh Aceh, yakni Banda Aceh sebanyak 120 orang, disusul Aceh Besar 79 orang, Bener Meriah 34 orang, Aceh Tamiang 33 orang, Bireuen 21 orang, Lhokseumawe 20 orang, Aceh Barat Daya 19 orang, Aceh selatan 18 orang, dan Aceh Utara sebanyak 11 orang.

    Selanjutnya, Aceh Tengah dan Kota Langsa masing-masing 8 orang, Pidei 5 orang, Aceh Barat 4 orang, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Simeulue masing-masing 3 orang, Gayo Luwes dan Kota Sabang masing-masing 2 orang, Aceh Jaya dan Subulussalam masing-masing 1 orang. Sisanya, 14 orang dari luar daerah Aceh, dan 1 orang dari luar negeri.

    “Aceh Singkil, Nagan Raya, dan Pidie Jaya, hendaknya mempertahankan status nihil korban COVID-19. Dan kabupaten/kota yang telah ada kasusnya harus bekerja keras menekan angka penularanya agar tidak jatuh korban selanjutnya,” demikian tutup SAG. (B01)

    BERBAGI