6 Ruko Ludes Terbakar di Aceh Tamiang

    BERBAGI
    Api berkobar membakar ruko di Kedai Besi, Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Aceh Tamiang. Enam ruko ludes terbakar. (Waspada/Muhammad Hanafiah)

    Kualasimpang (Waspada Aceh) – Enam ruko yang terletak di Kedai Besi, Kampung Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, Minggu dinihari (2/8/2020), ludes terbakar.

    Informasi dihimpun Waspada di lokasi menyebutkan, api diperkirakan mulai menyala sekira pukul 1.50 WIB dan terus membesar melalap ruko yang berkonstruksi kayu. Ruko ini menjual barang kebutuhan sehari-hari dan sebagian lagi sebagai rumah tempat tinggal dan yang kosong.

    “Ada ruko untuk jualan kebutuhan sehari-hari, ada juga yang dijadikan rumah tinggal. Ada sebagai gudang dan ada juga yang kosong tidak dihuni,” ungkap Andi, warga setempat kepada Waspada.

    Melihat api sudah menyala, ungkap saksi mata, selanjutnya warga menghubungi Regu Pemadam Kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tamiang dan Pemadam Kebakaran Pertamina Rantau.

    Menurut pengamatan Waspada, enam ruko hangus terbakar rata dengan tanah hanya tinggal puing-puing. Sedangkan sebanyak tujuh ruko yang berada di samping dan rumah warga yang berada di belakang ruko yang terbakar itu ada yang diruntuhkan agar api tidak menjalar membakar bangunan lainnya.

    “Kami menurunkan empat mobil pemadam kebakaran dan ditambah satu unit mobil tangki air untuk membantu memadamkan api. Sedangkan dari Pemadam Kebakaran Pertamina Rantau ada satu unit,” ungkap Husni, yang bertugas di BPBD Aceh Tamiang.

    Datok Penghulu Kampung (kepala desa) Kesehatan, Kecamatan Karang Baru, Syariful Alam, terlihat sibuk ikut memadamkan api membantu bersama regu pemadam kebakaran. Dia menyatakan, jumlah ruko yang habis terbakar sebanyak enam pintu .

    “Belum diketahui secara pasti sumber api berasal dari mana dan belum juga diketahui penyebab terjadinya kebakaran. Belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini dan jumlah kerugian juga belum dapat dihitung,” tegas Datok Penghulu Kampung Kesehatan. (b14)

    BERBAGI