Beranda Aceh Meski Ekonomi Lesu Akibat Corona, Hewan Qurban di Lampoh Daya Meningkat 2...

Meski Ekonomi Lesu Akibat Corona, Hewan Qurban di Lampoh Daya Meningkat 2 Kali Lipat

BERBAGI
Ibrahim, warga yang berprofesi guru sedang memisahkan kulit dari daging sapi qurban, Sabtu (1/8/2020). (Foto/Aldin NL)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Meski ekonomi sedang lesu sebagai dampak dari pandemi COVID-19, tapi ternyata tidak menurunkan minat warga muslim di Lampoh Daya, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, untuk melaksanakan ibadah qurban.

“Bahkan jumlah qurbannya dua kali lebih banyak dari tahun lalu,” kata Panitia qurban setempat, Imran, Sabtu (1/8/2020).

Penyembelian qurban yang dilaksanakan di lapangan kosong depan kantor Camat Jaya Baru, panitia menyembelih 12 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Daging qurban kemudian ditumpuk menjadi 780 bagian.

Tumpukan daging qurban siap dibagikan kepada warga Lampoh Daya, Jaya Baru Banda Aceh, Sabtu (1/8/2020). (Foto/Aldin Nl)

Qurban di kampung ini lebih banyak dilaksanakan dengan sistem kelompok atau tujuh orang untuk satu ekor sapi. Sedangkan satu ekor kambing hanya untuk satu orang yang berqurban.

Dengan sistem ini, sebut Hamidi, Sekretaris Meunasah Baiturahim, kompleks Alam Beutari, lebih banyak warga yang berminat. Meski situasi ekonomi warga lagi lesu akibat pandemi Corona sejak Maret lalu, tapi jumlah yang berqurban bertambah.

Wartawan Waspadaaceh.com ikut gotong royong menyiapkan tumpukan daging yang sudah dipotong atau disembelih oleh Tengku Usman. Karena jumlah hewan qurban lebih banyak, maka pekerjaan membersihkan menyita waktu lama, hingga agak telat dibagikan kepada warga, yakni lebih jam 02.00 WIB siang. (B01)

BERBAGI