Masjid Raya Baiturrahman Mbludak, Jamaah Shalat Ied Pakai Masker

    BERBAGI

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Seperti tidak dalam masa pandemi COVID-19, semua masjid terutama Masjid Raya Baiturahman Banda Aceh bludak dipenuhi para jamaah shalat hari raya Idul Adha, Jumat pagi (31/7/2020).

    Para jamaah tampak memadati setiap ruang yang kosong, termasuk di sudut bangunan masjid kebanggaan rakyat Aceh tersebut. Wajah para jamaah tak begitu dikenal, karena semuanya mengenakan masker sebagai upaya untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

    Wartawan Waspadaaceh.com yang shalat di bagian samping kiri masjid, melihat para jamaah sudah memadati halaman masjid sejak pagi. Di sisi kiri ini merupakan taman yang diisi oleh jamaah pria.

    Jamaah kaum Adam (pria) juga mengisi bagian belakang masjid, lalu shaf di bagian belakang diisi kaum Hawa, hingga memadati sisi sebelah kanan masjid. Sedangkan di dalam masjid raya, diisi jamaah pria.

    Baik jamaah pria dan wanita hampir semuanya mengenakan masker sebagaimana imbauan Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, sehari sebelumnya.

    Dr Tgk Salman Abdul Muthalib, MA, Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Ar Raniry bertindak sebagai Khatib, sedangkan Imam, ustadz Jamhury Famli SQ, MA.

    Sementara itu masjid masjid besar di Banda Aceh, seperti Oman Lampriek, Meukeutup Seutui, Ulekareng, Uleu Lheue, Keutapang, Darussalam, Lampoh Daya, dan masjid lain, yang menyelenggarakan shalat Idul Adha 1441 H, semua juga dipadati oleh jamaah.

    Secara umum isi kutbah Idul Adha 1441 H tahun 2020 ini mengupas keteladanan nabi Ibrahim yang rela dan penuh keikhlasan menyembelih anak satu-satunya yang paling disayangi, yaitu Ismail, untuk diqurbankan.

    Dengan kekuasaan Allah SWT, terjadi mukjizat, Allah menggantikannya dengam seekor kibas besar. Peristiwa bersejarah itu menandai ibadah qurban yang dilaksanakan ummat Islam, setelah melaksanakan Shalat Ied Idul Adha, seperti hari ini. (B01)

    BERBAGI