Beranda Aceh Reaktif Tes COVID-19, Warga Aceh Jaya Dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh

Reaktif Tes COVID-19, Warga Aceh Jaya Dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh

BERBAGI
Para petugas medis RSUD Teuku Umar Calang, Aceh Jaya, sedang melakukan persiapkan merujuk seorang pasien reaktif COVID-19 ke RSUDZA, Rabu (29/7/2020). (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Seorang warga Kecamatan Panga, Aceh Jaya, dilaporkan reaktif COVID-19 telah dirujuk ke Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh, Rabu (29/7/2020)

Sebelumnya, pasien tersebut terlebih dahulu mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang.

Direktur RSUD Teuku Umar Calang, dr. Eka Rahmayuli, saat dikonfirmasi waspadaaceh.com membenarkan adanya pasien tersebut.

“Iya benar, setelah dilakukan screening dan rapit test, pasien berinisial N, 47, yang dirujuk dari Pukesmas Panga hasilnya reaktif COVID-19. Pasien sudah dirujuk ke RSUZA Banda Aceh,” ujar direktur

Dia menerangkan, pasien tersebut mengalami gejala sesak nafas, demam, batuk. Untuk riwayat lain, anaknya baru pulang dari Pulau Jawa sekitar dua minggu yang lalu.

“Sementara itu, lanjutnya, Para petugas yang sempat kontak langsung dengan pasien telah kita lakukan karantina dan rapid test. Ruangan IGD di mana tempat dirawat pasien telah disemprot cairan disinfektan guna mencegah penularan,” lanjutnya.

Dia mengungkapkan, untuk sementara ruangan IGD Rumah Sakit Umum Teuku Umar ditutup selama 12 jam. Setelah dinyatakan aman, ruangan baru akan dibuka kembali seperti biasa.

Dia menambahkan, saat ini sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan seluruh Puskesmas di Aceh Jaya, agar sementara waktu untuk tidak melakukan rujukan pasien ke RSUD.

Kebijakan ini dilakukan sebagai antisipasi dan upaya pencegahan agar tidak terjadinya penularan wabah tersebut kepada pasien atau warga lainnya.

“Sedangkan untuk 20 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien akan dilakukan karantina di RSUD Teuku Umar Calang,” pungkasnya. (Zammil)

BERBAGI