Beranda Olahraga Rayakan Idul Adha, Atlet Pelatda PON Libur 3 Hari

Rayakan Idul Adha, Atlet Pelatda PON Libur 3 Hari

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Panitia pelaksana Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) atlet PON XX/2021 meliburkan kegiatan para atletnya dalam menyambut dan merayakan Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Ketua Pelatda atlet PON Aceh, Bachtiar Hasan, kepada wartawan, Selasa (21/7/2020) mengatakan, kegiatan atlet diliburkan tiga hari.

Bachtiar menyebutkan, libur terhitung mulai 30 Juli hingga Agustus 2020 untuk semua atlet dari cabang olahraga prioritas satu dan dua. Para atlet serta pelatih mulai menjalani latihan kembali pada 2 Agustus 2020.

Dia menjelaskan, atlet dari 15 cabang olahraga prioritas satu menjalani Pelatda desentralisasi empat bulan dan sentralisasi enam bulan. Atlet dari 10 Cabor prioritas dua dengan masa desentralisasi empat bulan serta sentralisasi dua bulan.

Ketua Pelatda atlet PON Aceh, Bachtiar Hasan. (Foto/Ist)

Bachtiar Hasan yang juga Wakil Ketua II KONI Aceh Bidang Pembinaan Prestasi mengatakan, para atlet yang dipersiapkan ke PON Papua melalui Pelatda merupakan hasil lolos dari Pra PON dan Porwil di Bengkulu tahun lalu.

Katanya, saat ini para atlet dari Cabor prioritas satu sedang menjalani sentralisasi, hingga Oktober 2020. Sedangkan atlet dari Cabor prioritas dua masih menjalani Pelatda desentralisasi di daerah masing-masing.

Pelatda sentralisasi sebagian besar atlet dari masing-masing Cabor dilaksanakan di Banda Aceh. Takraw di Idi, Aceh Timur, sepakbola di Lhokseumawe dan anggar nomor degen di Lhoksukon.

Tetap Serius dan Fokus di Tengah Pandemi COVID-19

Sebutnya, pembinaan atlet yang dipersiapkan ke PON ini melalui Pelatda dilaksanakan dan dibiayai KONI Aceh.

Dijelaskannya, kegiatan latihan atlet dalam mengikuti Pelatda selama ini tetap semangat, serius dan fokus meski di tengah badai virus Corona desease 2019 (COVID-19).

Para atlet dalam menjalani kegiatan latihan tetap memperhatikan dan mematuhi protokol kesehatan cegah COVID-19.

Katanya, perkembangan atlet dalam latihan terus semangat untuk meningkatkan kemampuan fisik dan teknik dari program latihan yang diberikan para pelatih masing-masing cabang olahraga.

Berikut Cabor kategori/prioritas I dan II Pelatda PON Papua. Atlet Cabor Kategori I yaitu angkat besi/binaraga (3 atlet), anggar (8), atletik (2), muaythai (8), kempo (2), tarung derajat (12), panahan (8), panjat tebing (3), taekwondo (2), renang (2), wushu (1), pencak silat (3), sepakbola (20), biliar (1) dan menembak (4 atlet).

Atlet Cabor kategori II yaitu rugby (24), senam (1), balap motor (4), terjun payung (1), sepak takraw (2), layar (1), selam (1), sepatu roda (2), dayung (8). (Ria)

BERBAGI