Beranda Aceh Buka Akses Pemasaran Produk UMKM, Plt Gubernur Aceh Launching ASIA Mart di...

Buka Akses Pemasaran Produk UMKM, Plt Gubernur Aceh Launching ASIA Mart di Batoh

BERBAGI
Usai meresmikan ASIA Mart, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melihat salah satu produk berbahan baku serat sabut kelapa milik pengusaha, M. Jamil ZA, yang juga pengurus ASIA Aceh, Sabtu (11/7/2020). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meresmikan (launching) mini market ASIA Mart di kawasan Jl. H.Ali Hasyimi Batoh, Banda Aceh, Sabtu (11/7/2020).

Mini market ini diharapkan akan menjadi ujung tombak untuk membantu penjualan produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) di Provinsi Aceh. ASIA Mart didirikan oleh Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) yang diketuai oleh T.Dhahrul Bawadi. Dhahrul dikenal sebagai seorang pengusaha kopi yang berhasil melakukan ekspor ke dunia internasional. Ketua ASIA ini juga telah melakukan berbagai terobosan untuk membuka akses pemasaran bagi produk UMKM dari Provinsi Aceh.

Sementara itu, ketika meresmikan ASIA Mart, Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengharapkan swalayan tersebut menjadi andalan bagi UMKM, khususnya dalam hal membantu menjual produk-produk UMKM. Nova juga meminta asosaisi lain yang sudah duluan eksis, seperti KADIN Aceh serta dinas terkait, untuk membantu sepenuhnya ASIA Mart.

M. Jamil ZA, yang duduk di bagian pengembangan organisasi ASIA, kepada Waspadaaceh.com, Sabtu sore (11/7/2020), mengatakan, ASIA Mart yang baru diresmikan Plt Gubernur Aceh tersebut terdiri dari dua ruko dan satu gudang berlantai dua.

“Produk-produk yang dijual di sini, hampir untuk semua jenis produk. Ada produk makanan, produk kerajinan, industri, dll. Untuk produk makanan yang sudah memiliki izin dari Dinas Kesehatan dan bersertifikasi halal,” kata M.Jamil, pengusaha kerajinan berbahan baku serat sabut kelapa.

M.Jamil yang juga tercatat sebagai Ketua Forum Daerah Usaha Kecil dan Menengah (Forda UKM) Kabupaten Aceh besar ini menambahkan, keberadaan ASIA Mart diharapkan akan mampu menjawab salah satu persoalan yang sering dihadapi UMKM, yaitu dalam hal memasarkan produk.

“Kami berharap dengan adanya ASIA Mart ini, produk-produk UMKM bisa tertampung untuk membantu akses penjualan dan pemasarannya,” lanjut M.Jamil.

Dia juga mengatakan, selain di Banda Aceh, rencananya ASIA Mart akan didirikan di beberapa kota lain di Provinsi Aceh. ASIA Mart diharapkan bisa menjadi brand pusat perbelanjaan produk Aceh.

Asosiasi Saudagar Industri Aceh (ASIA) sendiri selama ini telah memfasilitasi berbagai event promosi dan membuka akses pemasaran bagi produk-produk UMKM dan IKM (Industri Kecil dan Menengah) di Aceh. Istri Plt Gubernur Aceh, Dyah Erti Idawati, duduk sebagai pembina dalam organsiasi ASIA tersebut. (sulaiman achmad)

BERBAGI