Hasil Nekropsi, Harimau Mati Setelah Memangsa Kambing Dilumuri Racun

    BERBAGI
    Tim dokter dan BKSDA Aceh saat melakukan Nekropsi jasad harimau yang ditemukan mati, Selasa (30/6/2020) (Foto/Ist)

    Tapaktuan (Waspada Aceh) – Seekor harimau Sumatera (HS) berjenis kelamin betina usia 2-3 tahun yang mati di Gampong Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur, Kabupaten Aceh Selatan, setelah dilakukan Nekropsi (bedah) menduga kulit kambing yang diterkam harimau terlebih dahulu dilumuri racun.

    Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto, Rabu (1/7/2020), kepada Waspadaaceh.com, mengatakan kondisi bangkai harimau mengalami autolysis atau putrefaction. Selain itu adanya perdarahan dari lubang nasal hidung dan bulu gampang rontok.

    Beria Terkait: Harimau Sumatera Ditemukan Mati, Tim Dokter Lakukan Nekropsi

    “Dari hasil nekropsi, jaringan di bawah kulit harimau sebagian mengalami memar dan adanya luka toreh vulnus incisum diduga akibat terkena kawat duri pada bagian perut bangkai harimau tersebut,” jelasnya.

    Dia menjelaskan, dari bagian lidah harimau mengalami sianosis, dan dinding saluran pencernaan, trakea dan lambung mengalami hyperemi (perdarahan) dan menemukan zat yang diduga racun insektisida berwarna keunguan.

    “Sampel dari kambing, mulai dari hati, jantung, limpa, usus, lambung, trakea, lidah, ginjal dan paru serta isi lambung, isi usus dan bagian kulit ternak kambing yang dimangsa harimau diduga ada dilumuri zat racun,” ujarnya. (Faisal)

    BERBAGI