Beranda Aceh Puluhan Anak Pengungsi Rohingya Jalani Trauma Healing

Puluhan Anak Pengungsi Rohingya Jalani Trauma Healing

BERBAGI
Relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe memberikan trauma healing untuk puluhan anak-anak pengungsi Rohingya yang saat ini ditampung di bekas Kantor Imigrasi Lhokseumawe. (foto/riri).

Lhokseumawe (Waspada Aceh) – Puluhan anak-anak pengungsi etnis Rohingya yang berada di bekas Kantor Imigrasi, di Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe, mengikuti kegiatan trauma healing oleh relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Lhokseumawe, Senin (29/6/2020).

Humas Humas ACT Lhokseumawe, Muhammad Alfian kepada waspadaaceh.com menyebutkan, kegiatan itu melibatkan sekitar 10 relawan, setiap relawan membagikan tugas masing-masing.

“Pada kegiatan tersebut juga diajarkan shalawat, asmaul husna secara bersamaan, dan membacakan surat Al-Fatihah serta lainnya,” kata Muhammad Alfian.

Disebutkan, kegiatan trauma healing akan berlangsung selama anak-anak etnis Rohingya berada di tempat penampungan, sedangkan kegiatannya sudah berlangsung selama dua hari pasca mereka direlokasi.

“Trauma healing ini dilaksanakan bertujuan menghilangkan rasa trauma akibat cukup lama berada di lautan. Ini salah satu solusi yang tepat untuk memulihkan psikologis setelah terhempas di lautan,” pungkasnya .

Diberitakan sebelumnya, sedikitnya 99 orang warga etnis Rohingya, diantaranya 48 wanita, 17 pria dewasa dan 34 anak – anak terdampar di perairan Aceh, Rabu siang (24/6/2020).

Para pengungsi itu sempat terombang-ambing di laut lepas. Kapal motor yang mereka tumpangi bahkan nyaris tenggelamm sehingga mereka dievakuasi ke kapal motor milik nelayan Aceh. (riri).

BERBAGI