Beranda Aceh Pemkab Aceh Jaya Gelar Donor Darah

Pemkab Aceh Jaya Gelar Donor Darah

BERBAGI
Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB mendampini Komanda Kodim 0114/ Aceh Jaya, Letkol Czi Arief Hidayat, saat melakukan donor darah, Kamis (18/6/2020). (Foto/Zammil)

Calang (Wasapada Aceh) – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh menggelar kegiatan donor darah, di Aula DPMPKB setempat, Kamis (18/6/2020).

“Kita menargetkan terkumpul darah sebanyak 200 kantong dari 371 pendaftar. Mudah – mudahan melebihi,” ujar Bupati Aceh Jaya, T.Irfan TB kepada wartawan di sela berlangsungnya kegiatan di Aula DPMPKB setempat.

Dia menjelaskan, sebagaimana surat yang telah dikelurakan, setiap 1 SKPK mengirimkan minimal 10 pendonor. Namun dari hasil laporan, setiap SKPK mengirim lebih untuk mendonorkan darahnya pada kegiatan itu.

Di Aceh Jaya, lanjutnya, kegiatan donor darah sudah sering dilaksanakan, dengan harapan dapat membantu persediaan stok darah di PMI Banda Aceh.

“Tahun lalu juga telah kita laksanakan kegiatan serupa. Donor darah juga telah dilaksanakan di Makodim 0114/Aceh Jaya dan senin ( 22/6/2020) ini juga akan digelar di Mapolres,” terang Irfan TB.

Dia mengungkapkan, di Aceh Jaya saat ini belum tersedia Bank Darah. Dia menerangkan, saat ini hanya tersedia tampat penyimpan sementara di RSUD Teuku Umar Calang.

“Nanti kita akan lakukan koordinasi dengan PMI Provinsi, bagaimana dikondisikan agar di Aceh Jaya juga ada bank darah. Terima kasih kami kepada seluruh pendonor yang telah mendonorkan darahnya pada hari ini,” tambah bupati.

Sementara itu, Ketua PMI Kota Banda Aceh, Qamaruzzaman Haqny, kepada wartawan mengungkapkan, kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia dan juga menindaklanjuti imbauan Plt Gubernur Aceh, bahwa ASN juga dianjurkan melakukan donor darah di kantor masing–masing.

“Kegiatan itu sudah dimulai dari SKPA Provinsi Aceh,” jelasnya.

Setiap hari, lanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan permintaan darah, membutuhkan 100 hingga 200 kantong. Dengan adanya kegiatan seperti ini, stok darah di PMI Kota Banda Aceh relatif stabil.

“Semoga kedepan, kegiatan seperti ini terus di laksanakan,” pungkasnya. (Zammil)

BERBAGI