Beranda Olahraga Tim Monev Tinjau Atlet Desentralisasi di Daerah

Tim Monev Tinjau Atlet Desentralisasi di Daerah

BERBAGI
Tim Monev KONI Aceh, meninjau langsung latihan atlet Pelatda Desentralisasi di daerah domisili atlet dari 15 cabor yang masuk perioritas satu Pelatda KONI Aceh, Rabu (10/6/2020). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Ketua Pelatda Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh, Bachtiar Hasan, beserta tim monev KONI Aceh, meninjau langsung latihan atlet Pelatda Desentralisasi di daerah domisili atlet dari 15 cabor yang masuk perioritas satu Pelatda KONI Aceh, Rabu (10/6/2020).

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan apakah atlet yang melaksanakan latihan di wilayahnya masing-masing tersebut berjalan sesuai laporan yang diterima oleh KONI Aceh dari pendamping cabor yang bersangkutan. Selain itu juga untuk melihat langsung sejauh mana perkembangan hasil latihan atlet selama COVID-19 melanda di Aceh.

“Karena ini sudah memasuki new normal, maka tim monev melakukan monitoring langsung ke seluruh daerah domisili para atlet pelatda desentralisasi KONI Aceh. Kita memantau langsung kegiatan program latihan yang di laksanakan pelatih, apakah program tersebut berjalan atau tidak,” ujar Bachtiar Hasan.

Dari hasil monev di lapangan ternyata ada beberapa atlet kurang maksimal melakukan latihan. Hal ini terbukti dari hasil test yang dilakukan oleh tim monev di lapangan, yaitu tes daya tahan lokal dan jantung paru (sit up, push up, lari 15 menit/ 2,4 km).

Sekretaris Pelatda, Mansur mengatakan, ada beberapa atlet yang mengalami penurunan ketahanan fisik, mungkin terdampak situasi COVID-19, sehingga untuk latihan maksimal tidak mungkin di lakukan.

“Namun untuk latihan ringan rutin tetap di laksanakan secara mandiri,” ujar dosen Unsyiah tersebut.

Adapun daerah yang dimonev langsung oleh tim monev KONI Aceh yang dibagi 4 tim meliputi Kabupaten Pidie, Pidie Jaya dan Bireun, yang dikoordinir oleh T. Rayuan Sukma. wilayah kota Lhokseumawe, Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang, langsung dikoordinir oleh Ketua Pelatda Bachtiar Hasan. Sedangan untuk wilayah tengah, yaitu Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues, dikoordinir Sekum KONI Aceh M. Nasir Syamaun. Wilayah barat meliputi, Aceh Jaya, Aceh Barat dan Subulussalam, dikoordinir oleh H. Faisal Saifuddin.

Dalam setiap tim turut didampingi seorang dokter untuk cek kesehatan para atlet pelatda desentralisasi KONI Aceh.

Banyaknya daerah yang harus dikunjungi oleh Tim Monev disebabkan banyak atlet yang melaksanakan latihan di wilayah domisili masing-masing selama adanya wabah COVID-19 melanda di Aceh.

Atlet yang melakukan latihan di daerah terdiri dari 15 cabor. antara lain, muathay, sepak bola, anggar, tarung derajad, kempo, panahan, taekwondo, panjat tebing, renang, menembak, pencak silat, bliar, angkat besi, atletik dan whusu. (Ria)

BERBAGI