Disambar Petir, 5 Rumah Terbakar di Aceh Utara

    BERBAGI
    Musibah kebakaran yang terjadi di Dusun Bidari Gampong Lubok Pusaka Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, setelah petir menyambar instalasi listrik usai hujan reda di kawasan tersebut menjelang shalat magrib. (Foto/Ist)

    Aceh Utara (Waspada Aceh) – Lima unit rumah bekonstruksi kayu milik warga Dusun Bidari Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, ludes terbakar, Senin malam (25/5/2020).

    Kuat dugaan musibah kebakaran itu terjadi setelah petir menyambar instalasi listrik usai hujan reda di kawasan tersebut, menjelang shalat magrib. Akibatnya 22 jiwa kehilangan tempat tinggal .

    Adapun kelima rumah terbakar itu masing-masing milik Tgk Umar, 50, dihuni delapan jiwa, rumah milik Putra,28, dihuni 3 jiwa, Rumah Hamdan,55, dihuni 4 jiwa, kemudian rumah Abdul Wahab,55, dihuni 6 jiwa dan rumah Hj Basyariah,70.

    Kapolres Aceh Utara AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Langkahan Iptu Samsul Bahri, menjelaskan, kejadian itu sekitar pukul 20.00 WIB. Menurut pengakuan saksi mata, api berasal dari petir yang menyambar instalasi listrik di samping rumah korban Tgk. Umar (Imam Desa).

    “Api langsung membesar merambat ke bangunan rumah yang berkonstruksi kayu dan berdampingan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran, namun seluruh isi rumah dan surat berharga tidak ada yang bisa diselamatkan,” kata Iptu Samsul Bahri.

    Saat itu, katanya, warga sudah berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun upaya warga gagal karena seluruh bangunan rumah tersebut berkonstruksi kayu dan dengan cepat dilalap sijago merah.

    “Sedangkan satu unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkab Aceh Utara, tiba ke lokasi sekitar pukul 21.20 WIB. Namun semua bangunan rumah sudah hangus terbakar, sedangkan kerugian material ditaksirkan mencapai Rp200 juta,” pungkasnya. (Riri).

    BERBAGI