Kematian Terkait Corona Capai 75 Orang, Masjid di Medan Tetap Gelar Shalat Ied

    BERBAGI
    Sholat Ied di Masjid Baiturrahman, Johor Indah Permai 1, Medan, tetap menjalankan protokol kesehatan menjaga jarak dan mengenakan masker. Jumlah jamaah yang ikut shalat jauh berkurang dibanding tahun-tahun sebelumnya. (Foto/t.bobby lesmana)

    Medan–Hampir semua masjid besar di Kota Medan, Sabtu hari ini (24/5/2020), terpantau tetap menggelar shalat Idul Fitri 1441 H/2020 atau Shalat Ied, di tengah pandemi COVID-19.

    Beberapa diantaranya Masjid Agung Medan, Masjid Raya Al Mashun Kota Medan dan Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Dadap Medan, yang dihadiri ribuan jamaah. Begitu juga masjid yang berada di daerah pinggiran Kota Medan, tak kalah ketinggalan, seperti di Medan Marelan, Medan Tembung, Medan Deli, dan masjid lainnya.

    Dalam pelaksanaan shalat Ied, para jamaah dianjurkan membawa sajadah masing-masing. Bahkan salah satu masjid, yakni Masjid Taqwa Muhammadiyah Kampung Dadap/Jl.Mustafa Medan, menjalankan protokol kesehatan yang cukup ketat. Setiap jamaah diharuskan mengenakan masker. Bila tidak memiliki masker, pihak panitia masjid menyediakan masker. Tapi bila jamaah ngotot tidak mau mengenakan masker, maka jamaah dimaksud akan diminta keluar atau tidak dibolehkan mengikuti shalat Ied berjamaah.

    Sementara di beberapa masjid yang lain, banyak pula jamaah yang terkesan santai tidak memperhatikan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus Corona. Mereka tidak memakai masker, hal ini tampak di salah satu masjid di Medan Marelan.

    Di Masjid Raya Al Mashun Kota Medan, yang terlihat dihadiri ribuan jamaah yang turut melaksanakan shalat Ied.  Di lokasi, tampak puluhan personel gabungan dari Polri, TNI dan Satpol-PP, turut mengamankan jalannya pelaksanaan ibadah shalat Ied. Para jamaah pun terlihat khusuk melaksanakan shalat meski di tengah pandemi COVID-19.

    75 Kematian di Medan

    Hingga kini, data yang dihimpun waspadaaceh.com dari situs resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemko Medan, Sabtu (24/5/2020), di Kota Medan tercatat jumlah kematian terkait Corona terus bertambah.

    Dilaporkan, ODP 1.177 orang, OTG 1.295 orang, PP (Pelaku Perjalanan) 1.805 orang, PDP 626 orang dan Positif 197 orang. Sedangkan tingkat kematian telah mencapai 75 jiwa dengan rincian 57 jiwa berstatus PDP ditambah 18 jiwa berstatus positif COVID-19. (sulaiman achmad)

    BERBAGI