Lebih Dulu Lebaran, Ribuan Warga Nagan Raya Shalat Ied di Tengah Pandemi COVID-19

    BERBAGI
    Ribuan jamaah Shalat Ied di Nagan Raya memadati Masjid Peulekung, Kecamatan Seunagan Timur, Sabtu (23/5/2020). Waspada/Muji Burrahman)

    Nagan Raya (Waspada Aceh) – Sebagian umat Islam di Kabupaten Nagan Raya, yang mencapai ribuan jamaah, sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, pada Sabtu hari ini (23/5/2020).

    Perayaaan tersebut ditandangi dengan pelaksanaan ibadah Shalat Ied yang dipusatkan di Kompleks Masjid Peuleukung, Kecamatan Seunagan Timur, Kabupaten Nagan Raya. Saat jamaah memasuki mesjid, setiap jamaah diperiksa suhu dan diharuskan mencuci tangan yang sudah disediakam oleh pengurus masjid.

    “Alhamdulillah hari ini kita sudah melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, setelah berpuasa sebulan penuh atau selama tiga puluh hari,” kata cucu kandung Abu Habib Muda Seunagan, Teuku Raja Keumangan.

    Pelaksanaan ibadah Shalat Ied dilaksanakan setelah umat Muslim melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh.

    Dari pantauan Waspada, meskipun dalam situasi COVID-19, ribuan jamaah tetap melaksanakan Shalat Idul Fitri sesuai prosedur yang dikeluarkan pemerintah dengan menjaga protokol kesehatan.

    Sholat Idul Fitri atau Shalat Ied yang dilaksanakan di Kabupaten Nagan Raya diantaranya, di Masjid Peulekung, Pulo Ie, Krueng Kulu, Blang Preh, Gampong Teugeh, Tadu Raya, Cot Kanti, Blang Bayu dan sebagian masyarakat Nagan Raya melaksnakannya di Tripa Makmur.

    TR.Keumangan menambahkan, memang mereka berbeda dengan pemerintah satu hari. Terkait pandemi virus Corona, kata TR Keumangan, masih aman, karena sampai saat ini di Aceh tidak ada virus tersebut.

    “Alhamdulillah di kondisi sekarang tidak ada yang terkenal virus tersebut, kecuali ada orang luar yang masuk. Yang terpenting tetap kita jaga dan waspada,” ungkapnya. (b22)

    BERBAGI