Beranda Life Style Tips perawatan ringan sepeda motor saat di rumah

Tips perawatan ringan sepeda motor saat di rumah

BERBAGI
Ilustrasi mencuci sepeda motor.

“Apabila setelah melakukan pengecekan terdapat masalah, konsumen dapat menghubungi bengkel resmi”

Memanfaatkan waktu luang saat di rumah pada bulan Ramadhan dengan kondisi saat ini dapat dilakukan dengan berbagai aktivitas atau kegiatan yang bermanfaat.

Adapun salah satu aktivitas yang dapat dilakukan adalah merawat sepeda motor. Misalnya mencuci kendaraan dengan bersih ataupun melakukan perawatan ringan sepeda motor kesayangan Anda.

Technical Development Section Head PT Capella Dinamik Nusantara (Capella Honda) Abdillah di Banda Aceh, Jumat, mengatakan ada lima tips ringan dalam melakukan perawatan saat di rumah.

Pertama mencuci sepeda motor, merupakan perawatan ringan, dimulai membersihkan bagian bodi, mesin, hingga bagian dalam pada jok. Selain bersih, kita juga dapat mengetahui berbagai kemungkinan mengenai kondisi sepeda motor.

BACA: Capella Honda Ingatkan Kepala Desa Utamakan Keselamatan Berkendara

Kedua periksa kondisi oli. Memeriksa kondisi oli dengan cara membuka dipstick oil atau pengukur oli pada mesin untuk mengetahui tingkat keenceran dan level ketinggian oli.

“Jika ingin mengganti oli sendiri cukup mudah sebab semua langkah-langkah sudah terdapat pada buku pedoman pemilik kendaraan,” kata Abdillah menerangkan.

Ketiga periksa kondisi rantai atau CVT. Pemilik sepeda moto jenis cub atau bebek maupun sport dapat memeriksa kondisi kekencangan rantai pada motor.

Apabila saat pengecekan rantai kendur, maka harus dilakukan penyetelan. Tapi, penyetelan jangan terlalu kencang karena efeknya bisa membuat rantai cepat aus. Apabila rantai terlalu kendur, rantai akan terlepas dari gir.

Sedangkan tipe tranmisi otomatis atau disebut matic, pengecekan dapat dilakukan dengan menyalakan motor sembari mendengarkan suara mesin pada bagian CVT untuk mendeteksi adanya gangguan.

Keempat, pastikan komponen penting keadaan baik. Lakukanlah pemeriksaan pada komponen-komponen penting pada sepeda motor seperti lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin alur ban dalam keadaan baik untuk digunakan ketika berkendara.

Terakhir, pemeriksaan baterai dengan memeriksa tegangan arus. Pada sepeda motor tipe terbaru, pemeriksaannya cukup mudah, yaitu dengan melihat lampu indikator petunjuk tegangan baterai pada speedo meter.

Apalagi jika sepeda motor jarang digunakan, tegangan baterai akan drop. Untuk mengatasinya, selalu hidupkan mesin jika tidak digunakan minimal lima menit. Jika sepeda motor memakai remote, maka nonaktifkan agar dapat baterai remote awet.

“Apabila setelah melakukan pengecekan terdapat masalah, konsumen dapat menghubungi bengkel resmi. Pengguna sepeda motor Honda bisa menghubungi AHASS terdekat dan gunakan layanan service home atau layanan service di rumah” pungkas Abdillah. (Ria-H)

BERBAGI