Beranda Opini Depressive Disorder, Pernahkah Anda di Posisi itu?

Depressive Disorder, Pernahkah Anda di Posisi itu?

BERBAGI
ILUSTRASI

“Secara psikologi, depresi akan muncul apabila seseorang tidak mampu mengontrol suatu peristiwa negatif dan merasa tidak berdaya hingga berubah menjadi keadaan putus asa”

***

Oleh: Nurul Asiah

Pernah kah kita merasakan kesedihan yang mendalam dari waktu ke waktu? Yang disebabkan oleh berbagai macam alasan misalnya, putusnya suatu hubungan, kematian seseoramg yang dicintai atau kegagalan pribadi.

Tahukah Anda apa sebenarnya depressive disorder itu? Atau populer juga disebut dengan MDD (Major depressive disorder). Suatu gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan suasana hati yang terus tertekan atau kehilangan minat dalam beraktivitas, menyebabkan penurunan yang signifikan dalam kualitas hidup sehari-hari.

Kemungkinan penyebabnya termasuk ketegangan yang bersumber dari kombinasi kondisi biologis, psikologis, dan sosial. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa faktor ini dapat menyebabkan perubahan dalam fungsi otak, termasuk aktivitas abnormal dari sirkuit saraf tertentu dalam otak.

Depressive disorder atau gangguan depresi adalah gangguan dimana individu menderita ketidak bahagiaan dalam hidupnya yang terjadi secara terus menerus. Banyak faktor yang dapat melatar-belakangi adanya gangguan ini. Secara psikologi, depresi akan muncul apabila seseorang tidak mampu mengontrol suatu peristiwa negatif dan merasa tidak berdaya hingga berubah menjadi keadaan putus asa.

Pernah kah anda gagal dalam satu ujian? Lalu ketika anda akan menghadapi ujian yang lainnya, anda dengan mudah berkata, “saya akan gagal lagi”. Gaya pesimistik seperti inilah yang akan memicu gangguan depresi itu.

Penanganan yang dianjurkan biasanya adalah pengobatan, terapi bicara, atau gabungan keduanya. Semakin banyak penelitian yang menunjukkan bahwa penanganan semacam ini dapat menormalkan perubahan otak yang berhubungan dengan depresi.

Namun apa yang perlu kita lakukan agar tidak menderita depresi?

Mulai saat ini berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri, berhenti untuk mengutuk takdir yang terjadi, tak ada yang sempurna dalam kehidupan ini. Depresi itu wajar namun tergantung bagaimna kita menyikapinya.

Mulailah hari ini dengan mengatakan pada diri anda saya akan mendapatkan apapun yang saya impikan, perjuangkan mimpi anda karena di luar sana mereka sibuk dengan impian mereka. Bangkitlah ketika anda jatuh karena orang hebat biasanya terbentuk dari goncangan.

Lakukan kegiatan-kegiatan positif lainnya untuk menghindari depresi. Olahraga teratur misalnya atau hindari hal yang membuat anda merasa sedih. Dan jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Karena pikiran yang sehat berasal dari tubuh yang sehat pula. (**)

  • Penulis adalah Co Fasilitator Komunitas Sehat Mental Wellbeing Shelter Aceh
BERBAGI