Kota Sigli Terbakar, Sembilan Bangunan Hangus

    BERBAGI
    Warga sedang memperhatikan puing-puing sisa kebakaran yang melanda kawasan pertokoan padat penduduk Gampong Keramat Dalam, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis malam (26/3/2020). (Waspada/Muhammad Riza)

    Sigli (Waspada Aceh) – Kebakaran hebat melanda kawasan pertokoan di Gampong Keramat Dalam, Kecamatan Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Kamis malam (26/3/2020) telah menghanguskan sedikitnya sembilan bangunan ruko dan rumah.

    Keuchik Gampong Keuramat Dalam, M.Zaini A Karim, Jumat pagi (27/3/2020) mengatakan, sembilan bangunan yang menjadi hangus dalam kebakaran itu adalah enam unit rumah, dua unit rumah toko (ruko) dan satu unit gudang.

    Dia merincikan, enam unit rumah yang terbakar itu masing-masing milik Jono, So Sudarwin, Zulkifli, Muslim, Amun (Lim Chin Sie) dan rumah milik Ali Akbar RS.

    Sedangkan dua pintu ruko yang terbakar, masing-masing toko Mulia (usaha pecah belah) milik H Amin dan toko kosong milik H Ismail. Sedangkan satu bangunan gudang yang terbakar adalah milik H. Halim.

    “Jadi yang terbakar tadi malam itu ada enam rumah, satu gudang dan dua ruko. Total semua sembilan bangunan. Soal kerugian kami belum merincikan. Sedangkan sumber apinya kami juga belum mengetahui, karena begitu kebakaran warga kami bersama aparat TNI/Polri dan petugas pemadam kebakaran langsung membantu memadamkan api supaya meluas,” kata M.Zaini.

    Kapolres Pidie AKBP Andi NS Siregar, melalui Kapolsekta Sigli, AKP Teuku Muhammad, mengatakan, pihaknya masih melakukan penyelidikan terhadap peristiwa kebakaran tersebut. Namun berdasarkan informasi awal, kebakaran itu diduga terjadi akibat arus pendek listrik dari salah satu rumah warga.

    Kata dia, peristiwa itu terjadi pada Kamis malam (26/3/2020), sekira pukul 22:15 WIB. Beberapa warga melihat ada percikan api keluar dari plafon pada lantai dua salah satu rumah warga. Melihat api sudah membesar, lalu warga membantu mengevakuasi barang dan menghubungi petugas pemadam kebakaran.

    Lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian, lalu api yang sudah membumbung tinggi dipadamkan. Sekira pukul 01:00 WIB dini hari api berhasil dijinakkan.

    Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai Rp2 miliar. (m.riza)

    BERBAGI