Beranda Aceh ODP COVID-19 di Aceh Jaya Bertambah

ODP COVID-19 di Aceh Jaya Bertambah

BERBAGI
IGD Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar Calang, Aceh Jaya, Kamis (26/3/2020) (Foto/Zammil)

Calang – Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Jaya, Ernani Wijaya, menyampaikan jika jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di kabupaten tersebut kembali bertambah.

“Hingga hari ini, tim mendapatkan penambahan pasien ODP sebanyak satu orang. Sehingga dengan bertambahnya pasien, artinya ODP di Aceh Jaya menjadi dua orang,” ungkap Ernani melalui rilis yang diterima Waspadaaceh.com, Kamis (26/3/2020)

Pasien ODP 02 ini, lanjutnya, tidak dirawat, karena keadaan umum baik, sehingga dapat dilakukan isolasi mandiri, tetapi tetap juga dalam pemantauan kesehatan.

Dia menjelaskan, pemantauan dilakukan secara berkala oleh Puskesmas dalam wilayah kerja masing – masing didampingi oleh Tim TRC Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Aceh Jaya.

“Selain indentifikasi ODP, tim ini juga sudah melaksanakan penyemprotan desinfektan di beberapa wilayah, yaitu di tempat-tempat pelayanan publik dan tempat ibadah serta pada saat bersamaan juga dilakukan penyuluhan tentang cara pencegahan COVID-19 dengan mencuci tangan dan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” ujarnya.

Sementara itu, tambah dia, ODP 01, Warga Jawa Tengah dengan status yang sempat dirawat di ruang khusus isolasi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang sejak Senin (23/3/2020), kini sudah dibawa pulang kembali.

“Untuk ODP 01, yaitu pasien yang sempat mendapatkan perawatan di RSUD Teuku Umar, saat ini keadaan umum baik, sehingga dipulangkan ke rumah untuk dapat dilakukan isolasi mandiri, tetapi tetap dalam pemantauan kesehatan,” pungkasnya (Zammil)

BERBAGI