Beranda Aceh Dosen Poltas Ciptakan Alat Desinfektan Otomatis

Dosen Poltas Ciptakan Alat Desinfektan Otomatis

BERBAGI
Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, saat masuk dalam bilik Desinfektan Poltas, Kamis (26/3/2020). (Foto/Faisal)

Tapaktuan (Waspada Aceh) – Untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus Corona di Kabupaten Aceh Selatan, seorang dosen Politeknik Aceh Selatan telah menciptakan alat desinfektan yang bisa bekerja secara otomatis.

Alat tersebut diberikan nama Bilik Desinfektan Poltas, dengan memanfaatkan alat yang sederhana, kata dosen Politeknik Aceh Selatan (Poltas), Herry Setiawan, kepada Waspadaaceh.com, Kamis (26/3/2020) di kampusnya.

“Kapasitas alat itu 16 liter cairan desinfektan yang bisa digunakan untuk 60 orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan, bagi orang yang  ingin menseterilkan diri tinggal masuk kedalam bilik lalu alat penyemprot desinfektan akan bekerja secara otomatis menyemburkan cairan desinfektan selama empat detik.

“Alat tersebut akan berhenti saat orang tersebut keluar dari bilik. Kerja alat dibantu oleh sistem sensor pendeteksi tubuh manusia,” jelasnya.

Plt Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran, yang saat menghadiri launching alat tersebut, memberikan apresiasi kepada dosen Poltas yang menciptakan alat tersebut.

“Kita akan pesan 20 alat ini untuk diletakkan di perbatasan Aceh Selatan Subulussam, RSUD Tapaktuan dan di Puskesmas,” pungkansya. (Faisal)

BERBAGI