Beranda Olahraga Aceh Siap Gelar Rakor KONI se Sumatera

Aceh Siap Gelar Rakor KONI se Sumatera

BERBAGI
Ketua Harian KONI Aceh Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak didampingi Wakil Ketua III Koni Aceh, T.Rayuan Sukma dalam rapat persiapan Rakor Koni se Sumatera, Selasa (10/03/2020). (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Aceh siap melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) KONI se Sumatera yang membahas berbagai regulasi penting tentang Porwil, di Banda Aceh, 13 – 14 Maret 2020.

Ketua Harian KONI Aceh, Kamaruddin Abubakar, yang akrab disapa Abu Razak mengatakan, Rakor tersebut juga menjadi bagian ujicoba persiapan Aceh sebagai tuan rumah Porwil XI/2023 dan PON XXI/2024.

“Kita harapkan panitia yang sudah terbentuk ini, dapat melaksanakan kegiatan sebaik-baiknya dan layanan maksimal kepada peserta dari 9 provinsi se Sumatera dan juga hadir sejumlah utusan dari KONI Pusat,” ujarnya pada rapat kesiapan pelaksanaan Rakor KONI se Sumatera di aula KONI Aceh, Selasa (10/3/2020).

Sementara itu Ketua Panitia Rakor, Teuku Rayuan Sukma, yang memimpin rapat kesiapan itu menyatakan, sudah mengagendakan pembahasan penting sejumlah regulasi tentang pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI se Sumatera di Provinsi Aceh pada 2023, dalam Rakor nanti.

Rayuan menyebutkan, sudah menyusun draf sejumlah regulasi dan peraturan hukum pelaksanaan Porwil untuk dibahas dengan KONI se Sumatera.

“Draf pembahasan yang kita agendakan sifatnya untuk mempertegas sejumlah regulasi tentang pelaksanaan Porwil,” ujar Rayuan yang juga Wakil Ketua Umum III Bidang Litbang KONI Aceh ini.

Sebutnya, sejumlah regulasi itu diantaranya menyangkut jumlah cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil XI dan soal mutasi atlet.

“Pembahasan regulasi itu kita agendakan di Rakor, agar masalah mutasi atlet di Porwil Bengkulu Oktober tahun lalu tidak terulang lagi saat Aceh tuan rumah Porwil,” ujar mantan Kadispora Aceh ini.

Selain itu, katanya, penambahan atau pengurangan cabang olahraga yang dipertandingkan di Porwil juga akan dipertegas dan ditetapkan dalam Rakor nanti.

Katanya, nanti ada tim Kaukus KONI yang bekerja menyusun penambahan, pengurangan Cabor, termasuk regulasi lainnya.

Sebutnya, ke depan dari hasil Rakor, tuan rumah Porwil berhak melaksanakan pertandingkan semua Cabor yang telah ditetapkan.

Semua Cabor yang dipertandingkan di Porwil ada dipertandingkan di PON, karena Porwil juga ajang prakualifikasi PON (Pra PON), lanjutnya.

Dalam Rakor nanti, katanya, sudah disusun juga draf yang akan dibahas tentang semua provinsi berhak dipilih sebagai tuan rumah Porwil.

“Kita sudah melakukan berbagai persiapan dan berupaya maksimal pelaksanaan Rakor KONI se Sumatera di Banda Aceh bisa berjalan lancar dan sukses,” katanya. (Ria)

BERBAGI