Beranda Sumut KPPU Gandeng Pakar Ekonom USU Cegah Persaingan Usaha Tidak Sehat

KPPU Gandeng Pakar Ekonom USU Cegah Persaingan Usaha Tidak Sehat

BERBAGI
Ketua KPPU RI, Kurnia Toha (kanan) dan Dekan Fakultas Hukum (FH) USU, Prof. Budiman Ginting, usai menandatanganan kerjasama (MoU), Rabu (26/2/2020). (waspadaaceh/sulaiman achmad)

Medan– Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU) kembali melanjutkan kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara (USU). Kerjasama ini dijalin guna pencegahan persaingan usaha tidak sehat, Rabu (26/2/2020).

“Ini perpanjangan kerjasama dengan USU, karena kerjasama dilakukan sejak 2012 dan berakhir 2019. Kita perpanjang, karena tidak melakukan penegakan hukum saja. Tapi juga melakukan pencegahan,” kata Ketua KPPU RI, Kurnia Toha, usai melakukan MoU dengan USU.

Dengan MoU ini, Kurnia mengungkapkan, pencegahan persiangan usaha tidak saja dilakukan sendiri oleh pihaknya, namun juga dilakukan bersama dengan Perguruan Tinggi di Indonesia, seperti USU yang masih satu kota dengan Kantor Wilayah I KPPU di Medan.

“Untuk itu, perlu sekali kita melakukan kerjasama dengan USU ini. Terutama program-program pencegahan, penyadarkan masyarakat harus menciptakan persaingan usaha yang sehat,” kata Kurnia.

Program tahun 2020 ini, KPPU akan menggelar eksekutif meeting dengan mengundang para direksi perusahaan. “Agar mereka datang dan menerapkan usaha sehat dengan tujuan membawa perusahaan mereka untuk maju,” ujar Kurnia.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum (FH) USU, Prof. Budiman Ginting menyambut baik kerjasama tersebut. Dengan ini, pihak USU siap berkontribusi untuk melakukan pencegahan dan menciptakan persaingan usaha yang sehat bersama KPPU.

“Melalui sosialisasi dari perundang-perundang, kita sudah ada tim dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk melakukan sosialisasikan itu. Terutama kalangan usaha besar, agar pelaku ‎usaha menciptakan persaingan usaha yang sehat,” tutur Budiman. (sulaiman achmad)

BERBAGI