20 Rumah Dilalap si Jago Merah di Singkil

    BERBAGI
    Kondisi rumah warga di Desa Ujung Singkil, saat kobaran api melalap dan menjalar ke bangunan lainnya dan memusnahkan rumah-rumah tersebut. (Foto/Arief Helmy).

    Singkil (Waspada Aceh) – Diperkirakan, sedikitnya 20 pintu rumah berkonstruksi kayu musnah dilalap si jago merah di Desa Ujung Kec. Singkil Kab. Aceh Singkil, Kamis (20/2/2020).

    Korban hanya bisa pasrah sambil menangis histeris menyaksikan secara cepat huniannya dilalap api hingga musnah menjadi abu. Beberapa korban juga sempat pingsan karena “istananya” telah musnah menjadi abu, beserta barang-barang berharganya.

    Kebakaran hebat yang terjadi sekitar pukul.10:00 WIB selain menghanguskan 17 rumah warga, ditambah tiga rumah lainnya terpaksa dibongkar untuk mengisolasi rembetan kobaran api ke rumah lainnya.

    Api dengan cepatnya menjalar ke bangunan lainnya, lantaran cuaca yang begitu terik serta tiupan angin yang cukup kencang.

    Pantauan Waspadaaceh, lima unit mobil pemadam dikerahkan serta dibantu warga dari beberapa desa yang terlihat berjibaku berusaha memadamkan api, menyirami rumah warga dengan alat yang seadanya. Termasuk membongkar satu rumah warga untuk mengisolasi kobaran api.

    Selain itu personel TNI dan Polri juga turut membantu mengevakuasi barang-barang warga yang bisa diselamatkan.

    Risman salah satu korban kebakaran mengaku rumahnya musnah terbakar tanpa ada barang-barang yang berhasil diselamatkan.

    “Hanya baju di badan yang saya pakai, yang dipakai istri dan anak saya. Kami langsung lari menyelamatkan diri. Surat-surat, BPKB mobil, ijazah dan semua barang habis terbakar. Kecuali mobil yang sempat dilarikan beberapa meter keluar rumah menuju kantor, beberapa detik sebelum terjadi kebakaran,” ucap Risman

    Mansurdin salah satu personel Tagana usai berjibaku menyirami rumah-rumah warga tersebut menyebutkan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar pukul 10:00 WIB. Tidak diketahui api berasal dari mana. Namun tiba-tiba api disertai asap hitam sudah membumbung tinggi kelangit.

    Informasi yang dihimpun, sementara rumah korban kebakaran masing-masing sebanyak 20 unit atau 20 KK meliputi, Saidin, Abdul Manaf, Nazli, Abdul Haris, Masnudin, Samsudin Cegak, Risman, Supardi, Safrizal Tital, Musnaini, Saimah Zailani, Hj Rombo Arni, Ahmad Ludin B, M Yanis Lubis, Razali Toto, Jaminuddin, Hidayati, Sairuddin dan Marhaluddin. (Arief)

    BERBAGI