Beranda Aceh Wali Kota Banda Aceh Bantu Petani Tiram

Wali Kota Banda Aceh Bantu Petani Tiram

BERBAGI

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Usai meresmikan rumah pengelolaan tiram, Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman, Ketua PKK Nurmiaty AR dan rombongan SKPK serta bersama para petani tiram Desa Alue Naga, mengunjungi keramba apung budidaya tiram, yang tak jauh letaknya dari lokasi awal.

Tiba di dermaga, Aminullah langsung menuju perahu dan menaikinya bersama Keuchik Gampong Alue Naga, Faisal, untuk melihat lebih dekat proses pembibitan tiram.

“Berawal ketika sebelum saya menjabat sebagai Wali Kota Banda Aceh, saya selalu melihat hal ini (penangkaran tiram) saat melintas daerah Alue Naga. Salah seorang warga bertanya kepada saya apa solusinya agar mereka tidak seperti ini lagi, ini sudah ratusan tahun katanya,” ungkap Aminullah saat diwawancarai media.

Aminullah mengungkapkan, bantuan dermaga, perahu serta keramba tersebut merupakan realisasi dari janjinya semasa kampanye pada Pilkada 2017 lalu.

Aminullah berharap, dari terobosan hasil studinya di Jepang itu, akan mampu memberikan kemudahan bagi para petani tiram yang didominasi kaum ibu itu dan efesiensi waktu dalam prosesnya.

Keuchik Faisal juga mengatakan, para penangkar tiram telah dibagi dalam sembilan kelompok. Untuk perkiraan panennya sendiri, Faisal menyebutkan, setiap enam bulannya para petani tiram akan menuai hasil panen.

“Alhamdulillah program ini sangat membantu pertumbuhan ekonomi di sini. Dari hasil panen ini nanti kita berikan kepada ibu-ibu yang bekerja menongkah tiram itu,” ungkapnya.(Ria)

BERBAGI