Beranda Wisata & Travel Pantai Panorama Calang, Wisata Lokal yang Menawan

Pantai Panorama Calang, Wisata Lokal yang Menawan

BERBAGI
Pengunjung memadati Pantai Panorama Calang, Sabtu (8/2/2020). (Foto/Ist).

Calang (Waspada Aceh) – Pantai Panorama Calang di Desa Pantoen Makmur Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, menjadi tujuan wisata bagi masyarakat sekitar (lokal) dan luar daerah.

Seperti pada sepanjang hari Sabtu (8/2/2020), ratusan orang membanjiri pantai ini, untuk menikmati sensasi pantai dan airnya yang jernih.

Pengunjung yang hadir untuk mengisi libur di akhir pekan, tidak hanya dari kalangan warga Aceh Jaya saja, melainkan warga yang melintasi wilayah barat selatan Aceh, menyempatkan untuk singgah di lokasi wisata tersebut.

Melalui lembaga Patam Bahari, sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di desa tersebut, warga setempat telah mengelola Pantai Panorama sejak awal tahun 2020.

Dalam mengelola objek wisata di areal Pantai Panorama Calang dan untuk memikat para wisatawan lokal, pengelola menyediakan banana boat dengan kapasitas maksimal 6 orang. Setiap satu orang hanya perlu membayar Rp25 ribu untuk sekali mencoba atau sekali berkeliling ada rute yang sudah ditentukan.

“Kawasan ini sudah mulai berkembang dan mulai ramai saat akhir pekan,” tutur Suar, salah satu pengunjung di Pantai Panorama Calang.

Menurutnya, Kawasan tersebut perlu dijaga kebersihan secara bersama dan juga perlu adanya fasilitas MCK.

“Pengunjung hendaknya jangan membuang sampah sembarang agar pantai terlihat bersih dari sampah,” ungkap Suar

Untuk fasilitas, lanjutnya, pihak pengelola perlu menambahkan MCK, mushalla dan lahan parkir agar terlihat rapi.

Pengunjung sedang menikmati Banana Boat di Pantai Panorama Calang, Sabtu (8/2/2020). (Foto/Ist)

“Saya berharap ke depan pantai Panorama ini perlu diperhatikan oleh pihak pemerintah setempat. Sehingga pantai tersebut bisa membuat warga betah berwisata bersama keluarga,” tutur Suar.

Abdul Hamid, Ketua Lembaga Patam Bahari mengungkapkan, lembaganya terus berupaya berbenah dan mewujudkan fasilitas sebagai penunjang di lokasi wisata tersebut.

“Kalau di hari libur, pengunjung mencapai ratusan. Oleh karena itu, kami sebagai pengelola juga sedang mengupayakan adanya MCK,” jelasnya.

Dia berharap, pemerintah juga ikut membantu, agar apa yang menjadi kendala di lokasi bisa secepatnya teratasi.

“Semoga saja pemerintah bisa membantu pembenahan di Pantai Panorama Calang,” pungkasnya. (Zammil).

BERBAGI