Beranda Nasional Ketua HKTI Moeldoko di Nias: Varietas Unggul M400 Bisa Panen 9 Ton/Ha...

Ketua HKTI Moeldoko di Nias: Varietas Unggul M400 Bisa Panen 9 Ton/Ha Padi

BERBAGI
Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, ketika menanam benih padi varietas unggul M400 di sawah Desa Baruzo, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (31/1/2020). (Foto/Ksp)

Jakarta — Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, kembali menanam benih padi varietas unggul M400 di sawah Desa Baruzo, Kecamatan Sogaeadu, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (31/1/2020).

Moeldoko di hadapan ratusan petani mengatakan, benih M400 merupakan produk unggul dengan hasil panen rata-rata mencapai 9 ton per hektare. Benih tersebut sudah terbukti di daerah lain dan menghasilkan padi yang berkualitas.

Padi M400 telah ditanam ribuan hektare di Pulau Jawa dan ratusan hektare di Sumatera. Varietas unggul ini sudah ditanam di Morotai, Jailolo dan Aceh. Keunggulan varietas M400 diantaranya mampu bertahan terhadap kondisi lingkungan yang ekstrim, baik serangan hama maupun anomali cuaca.

“Beberapa petani yang telah menanam padi jenis ini telah berhasil melakukan panen. Padi M400 ini memiliki daya tahan kuat terhadap serangan hama dan tahan ketika kekurangan air,” ujar Moeldoko.

Sebagaimana diketahui, lahan pertanian di Nias menghadapi persoalan sulit mendapatkan pengairan. Hanya 20 persen lahan pertanian di Nias dari 7.111 hektare yang terjamah irigasi.

Selama ini para petani di Nias mengandalkan tadah hujan untuk pengairan. Selain itu juga dari luas lahan pertanian tersebut, hanya terdapat 83 orang penyuluh. Menghadapi persoalan tersebut, pemerintah daerah dan TNI telah memberikan bantuan berupa penyediaan pompa untuk penyaluran air.

Moeldoko meminta petani meggunakan metode baru saat bercocok tanam. Moeldoko juga sempat membeberkan alasannya memilih menekuni pertanian. “Ini adalah cara saya untuk membangun Indonesia di bidang pertanian. Kami hadir untuk memuliakan para petani, sehingga bisa menyejahterakan petani dan mengembalikan ekosistem di sawah,” ujarnya.

Keinginan menyejahterakan petani itulah yang membuat Moeldoko terus mengajak petani menggunakan varietas M400 yang sudah terbukti. Selain penanaman benih, Moeldoko juga memberikan bantuan bibit kepada lima kelompok tani, yaitu kelompok tani Soza, Kartini, Eho, Serasi, dan Bunga padi.

Pada kesempatan tersebut Moeldoko juga melakukan pelantikan pengurus daerah HKTI Nias yang diketuai oleh Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli. (Ris)

BERBAGI