Beranda Sumut Harimau Memangsa 4 Ekor Sapi di Batangtoru, Tapsel

Harimau Memangsa 4 Ekor Sapi di Batangtoru, Tapsel

BERBAGI
ILUSTRASI. Harimau Sumatera (HS). (Dcok/waspadaaceh)

Padangsidimpuan–Seekor Harimau Sumatera (HS) dilaporkan telah memangsa empat ekor ternak sapi milik warga di sekitar Desa Hapesong, Kecamatan Batangtoru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

“Ada empat ternak yang dimangsa. Warga menemukan dua ekor sudah dalam keadaan mati, sedangkan dua lagi dalam keadaan sekarat,” kata Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, Gunawan Alza, kepada wartawan, Kamis (28/11/2019).

Gunawan mengimbau warga sekitar untuk berhati-hati saat beraktivitas di kebun.
Kata dia, lokasi kejadian berada di Perkebunan Hapesong, Kecamatan Batangtoru.

Kini pihak BBKSDA Wilayah III Padangsidimpuan, Koramil Batangtoru, Polsek dan warga desa, telah memasang kamera trap di lokasi yang diduga sebagai lintasan harimau Sumatera tersebut. Petugas menemukan jejak kaki yang melihat ukurannya sebagai harimau dewasa.

Menurut Gunawan, penyerangan ternak oleh harimau itu diperkirakan terjadi pada Selasa (26/11/2019). BKSDA baru memperoleh laporannya hari Rabu kemarin, dan para petugasnya langsung ke lokasi untuk melakukan penyelidikan dan memasang kamera trap.

Kapolsek Batang Toru AKP Daulat M. Zein Harahap mengatakan, tim dari Polsek bersama tim lain sudah berada di lokasi sejak kemarin. Dari informasi yang dihimpun, menurutnya, ada dua lembu mati, dan dua sekarat kemudian disembelih.

Kemudian, satu anak lembu yang usianya baru sekitar 1,5 bulan dibawa pulang pemiliknya untuk diobati karena mengalami sejumlah luka.

“Sekarang ini, masyarakat diimbau untuk tidak mendekati lokasi kejadian. Jangan pagi kali ke kebun, dan jangan sore kali keluar kebun. Tak boleh juga masuk sendirian,” ujar Daulat.

Sebagaimana diketahui, Desa Hapesong, Kecamatan Batangtoru, lokasinya tidak terlalu jauh dari lokasi tambang emas. Dari sekitar kota Batangtoru, bisa terlihat bukit-bukit yang sudah gundul seperti terkelupas terkait aktifitas tambang yang ada di sana.

Sebelumnya Harimau Mangsa Ternak di Langkat

Bulan lalu, ternak masyarakat di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatra Utara, pernah pula menjadi korban (mangsa) seekor harimau.

Satwa dilindungi itu telah memangsa dua ekor ternak sapi milik penduduk di Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok. Kejadian di desa ini tercatat sudah yang kedua kalinya.

Camat Bahorok Nuriansyah Putra, Senin (28/10/2019) mengatakan, harimau memangsa seekor lembu warga Desa Timbang Lawan Kecamatan Bahorok. Sebelumnya pada Agustus 2018, harimau Sumatera juga telah memangsa seekor lembu milik Jumiran, penduduk Desa Timbang Lawan, Bohorok. (sulaiman achmad)

BERBAGI