Beranda Nasional 12 Orang Tewas Diserang Tawon Vespa sejak 2017-2019

12 Orang Tewas Diserang Tawon Vespa sejak 2017-2019

BERBAGI
ILUSTRASI, Tawon Vespa affinis.

Pemalang — Serangan tawon Vespa affinis menghantui masyarakat di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Pemalang dan Klaten, karena sengatannya cukup mematikan.

Dalam kurun waktu tiga tahun ini (2017 – 2019, sedikitnya 12 orang dilaporkan meninggal dunia setelah mendapat serangan tawon berukuran besar ini. Kasus serangan terakhir terjadi kepada sepasang suami-istri di Desa Kebandaran, Kecamatan Bodeh, Pemalang, Jawa Tengah, pada Minggu sore (24/11/2019).

Kedua suami istri ini tewas mengenaskan setelah diserang ratusan tawon yang disebut juga sebagai tawon endhas (tawon kepala). Keduanya diserang saat melintas di area pemakaman desa, ketika keduanya baru pulang dari kebun.

Kedua korban bernama Suwaryo, 62, dan istrinya Endriyati, 45. Jenazah Suwaryo dimakamkan pada Selasa hari ini (26/11/2019) di Desa Jraganan, sedangkan istrinya dimakamkan di Desa Kebandaran, sehari sebelumnya yakni Senin (25/11/2019).

Sang istri, Endriyati, dilaporkan meninggal pada Senin dinihari dan dikebumikan pada hari itu juga. Sedangkan suaminya, Suwaryo, meninggal pada Senin malam, sehingga baru bisa dikebumikan Selasa hari ini.

Sebagaimana dikutip dari detik.com, Sumarto, tokoh masyarakat setempat mengatakan, di desanya terdapat sembilan sarang tawon Vespa affinis yang ukuran tubuhnya besar. Kini sarang tawon tersebut telah dibasmi oleh warga dan petugas.

“Dari tadi malam sampai tadi pagi, sembilan sarang tawon di desa sini sudah dibasmi dengan bantuan Damkar Pemalang,” katanya.

Dengan tewasnya sepasang suami istri di Pemalang ini, menambah jumlah korban tewas akibat serangan tawon vespa di Jawa Tengah. Sebelumnya peristiwa serupa terjadi di Kecamatan Wonosari dan Kecamatan Wedi.

Korban pertama atas nama Warsomo, disengat pada 6 November 2019 dan meninggal dunia pada 13 November 2019. Sedangkan korban lainnya, Lanjarwati asal Kecamatan Wedi, meninggal disengat pada 12 November 2019, dan sehari kemudian dimakamkan.

Serangan tawon vespa yang mengakibatkan kematian, terjadi di banyak daerah lainnya di Jawa Tengah. Sebelum serangan di Pemalang, tercatat 10 orang tewas akibat sengatan tawon ini. Dengan jatuhnya korban tewas sepasang suami istri di Pemalang, maka jumlah korban tewas akibat serangan tawon vespa diperkirakan telah mencapai 12 orang. (**)

BERBAGI