Beranda Teknologi Plt Gubernur Aceh Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

Plt Gubernur Aceh Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Digital

BERBAGI
Produk kerajinan yang diproduksi para pelaku UKM di Aceh. (Foto/pinbis)

Banda Aceh (Waspada Aceh) – Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi informasi berbasis digital untuk meningkatkan pemasaran dan pengembangan usaha.

“Sekarang ini, teknologi digital sudah menjadi keharusan. Karena itu, kami mendorong UMKM memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut,” kata Nova Iriansyah di Banda Aceh, Sabtu (23/11/2019).

Nova Iriansyah menyebutkan sekarang ini persoalan UMKM tidak lagi masalah permodalan, manejerial, dan pemasaran. Penerapan teknologi informasi berbasis digital juga harus dimasukkan dalam daftar permasalahan UMKM.

Tanpa didukung teknologi informasi digital, kata Plt Gubernur Aceh, UMKM dipastikan sulit berkembang. Apalagi tren di era revolusi industri 4.0 sekarang ini semua berhubungan dengan teknologi informasi berbasis digital.

“Kemajuan teknologi informasi ini harus menjadi potensi dalam mengelola UMKM. Jika tidak, siap-siap saja tertinggal, bahkan usaha yang digeluti bisa saja tutup atau bangkrut,” kata Nova Iriansyah menyebutkan.

Plt Gubernur Aceh menyebutkan tidak sedikit usaha yang dulunya mapan sebelum revolusi industri 4.0, kini rontok karena tidak mampu mengikuti berkembang zaman. Usaha-usaha yang rontok kalah bersaing dengan usaha yang menerapkan teknologi informasi berbasis digital.

Oleh karena itu, Nova Iriansyah mengajak pelaku UMKM memanfaatkan teknologi informasi berbasis digital sebagai penunjang usaha, baik untuk operasional maupun promosi dan pemasaran produk.

“Penerapan teknologi informasi berbasis digital ini lebih efisien, cepat, dam mampu memberikan keuntungan lebih banyak. Penggunaan teknologi informasi mampu memangkas biaya operasional UMKM,” kata Nova Iriansyah. (Ria/ks)

BERBAGI