Tahun 2023, Aceh Tuan Rumah Porwil XI Sumatera

    BERBAGI
    Ketua Tim Pemenangan Tuan Rumah Porwil XI tahun 2023 Aceh, M.Nasir Syamaun dalam rapat Koordinasi KONI se-Sumatera di Bengkulu, Kamis (7/11/2019). (Foto/Ist)

    Bengkulu (Waspada Aceh)  – Aceh dipastikan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke XI tahun 2023 mendatang. Keputusan itu hasil dari rapat Koordinasi KONI se-Sumatera di Bengkulu, Kamis (7/11/2019).

    Dalam rapat tersebut hadir seluruh pimpinan KONI Provinsi se-Sumatera, yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung dan Bengkulu.

    Ketua Tim Pemenangan Tuan Rumah Porwil XI tahun 2023 Aceh, M.Nasir Syamaun mengatakan, ada tiga daerah yang mencalonkan diri sebagai tuan rumah, yaitu; Aceh, Jambi dan Sumatera Selatan.

    “Alhamdulillah, kita memenangkan voting. Aceh berhasil meraih enam suara, Jambi tiga suara dan Sumatera Selatan hanya satu suara,” kata M Nasir yang juga Sekum KONI Aceh.

    Dia optimis, Aceh siap menjadi tuan rumah Porwil ke XI tahun 2023. Apalagi di tahun 2024 nanti Aceh juga bakal jadi tuan rumah PON XXI bersama Sumatera Utara.

    “Pelaksanaan Porwil 2023 di Aceh juga bisa menjadi ajang uji coba kepanitiaan menjelang PON XXI tahun 2024,” kata M. Nasir.

    Penyerahan Bendera Tuan Rumah Porwil XI tahun 2023 akan dilakukan bersamaan dengan penutupan Porwil X 2019 pada Sabtu malam, 9 November 2019 di Stadion Semarak, Kota Bengkulu.

    Sementara itu Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan sangat bersyukur dengan terpilihnya Aceh sebagai tuan rumah Porwil 2023. Nova juga meminta doa seluruh masyarakat untuk sama-sama mendukung Aceh sebagai tuan rumah.

    “Kita bersyukur dan mendukung penuh serta memohon doa seluruh rakyat Aceh agar lancar mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah,” ujar Nova, Jumat (8/11/2019).

    Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh, Dedy Yuswadi. Menurutnya, Porwil tahun 2023 juga akan menjadi ajang uji coba kesiapan atlet Aceh menjelang PON 2024 yang digelar di Aceh dan Sumatera Utara.

    “Bahwa kita Pemerintah Aceh sangat mendukung Porwil 2023 dilakukan di Aceh. Kita juga saat ini sedang menyiapkan venue untuk persiapan PON 2024. Tentunya juga ajang Porwil 2023 menjadi ujicoba venue yang kita persiapkan untuk PON 2024,” ujar Dedy. (Fuadi)

    BERBAGI