Beranda Nasional Pipa Pertamina Meledak dan Terbakar, 1 WNA Tewas

Pipa Pertamina Meledak dan Terbakar, 1 WNA Tewas

BERBAGI

Jakarta — Pertamina menyatakan kebakaran yang terjadi di sekitar pipa BBM di samping jalur tol Padalarang Km 130 telah padam pada pukul 17.20 WIB, Selasa petang tadi (22/10/2019).

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, kebakaran sebelumnya terjadi pada pipa milik Pertamina yang mengalirkan BBM dari Terminal BBM Ujung Berung ke Terminal BBM Padalarang.

“Kami turut prihatin atas insiden tersebut. Namun Alhamdulillah, berkat gerak cepat petugas gabungan dari Pertamina dan Dinas Pemadan Kebakaran di lapangan, saat ini kobaran api berhasil dipadamkan,” ujarnya.

Menurut Fajriyah, setelah melakukan pemadaman dengan foam, saat ini tim Pertamina terus memantau kondisi di lapangan dan melakukan berbagai upaya penanggulangan lanjutan. Pertamina juga tetap berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran, kepolisian, dan instansi terkait lainnya untuk melokalisir area.

Fajriyah juga menambahkan bahwa saat ini penyaluran melalui pipa sementara dihentikan. Namun pasokan BBM untuk wilayah Bandung dan sekitarnya tetap dalam kondisi aman.

“Pasokan Dex untuk wilayah Bandung masih tercukupi, termasuk dari Terminal BBM Padalarang yang stok saat ini berada di kisaran 19 hari,” tambahnya.

Adapun mengenai penyebab insiden, Pertamina masih melakukan proses penanggulangan dan investigasi bersama pihak terkait.

Informasi di lapangan menyebutkan, akibat kebakaran itu seorang warga negara asing (WNA) bernama Li Xuanfeng, pekerja proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, dilaporkan tewas dalam insiden itu.

Pria yang bekerja di subcon PT CREC, PT Ming Shu Construction, itu tewas terpanggang. Diduga pria yang bekerja sebagai operator alat berat itu terjebak dalam kebakaran. Jenazahnya dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran. (sulaiman achmad)

BERBAGI