Beranda Aceh Siswa di Aceh Jaya Mendapat Penyuluhan Tentang Obat di Hari Apoteker Sedunia

Siswa di Aceh Jaya Mendapat Penyuluhan Tentang Obat di Hari Apoteker Sedunia

BERBAGI
Pengurus Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Aceh Jaya sedang memberikan pemahaman terkait penggunaan obat kepada siswa SD Negeri 3 Calang, Sabtu (12/10/2019) (Foto/Zammil)

Calang (Waspada Aceh) – Pulahan Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Calang, Aceh Jaya, nampak antusian mengikuti penyuluhan tentang obat di aula sekolah setempat, di Desa Ketapang Kecamatan Krueng Sabee, Sabtu siang (12/10/2019).

Kegiatan yang dilaksakan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Aceh Jaya tersebut memberikan pemahaman tata cara penggunaan obat kepada usia dini dalam rangka menyambut Hari Apoteker Sedunia.

“Kita mendapat instruksi langsung dari pimpinan pusat untuk melaksakan kegiatan, dan juga kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh dunia,” tutur Tarmizi, Ketua Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Aceh Jaya kepada media ini usai kegiatan berlangsung.

Kegiatan ini, lanjutnya, bertujuan untuk menumbuh-kembangkan pemahaman seputar obat secara menyeluruh. Dan Siswa Sekolah Dasar (SD) adalah usia yang tepat untuk memulai memperkenalkan jenis – jenis obat, sehingga tidak disalahgunakan di kemudian hari.

Menurutnya, pendidikan tentang obat-obatan harus diketahui sejak usia sekolah dasar, maka dengan kegiatan penyuluhan itu supaya anak-anak tahu cara menggunakan obat yang baik dan benar. Anak tidak menggunakan obat sembarangan dan harus ada pengawasan dari orang tua.

“Kita berharap siswa bisa belajar dan bisa tahu bagaimana menggunakan obat yang baik dan benar,” tuturnya.

Pimpinan Pusat Ikatan Apoteker Indonesia, tambahnya, juga menginstruksikan untuk menggelar pemilihan apoteker cilik dengan target peserta sekitar 35-50 ribu peserta se Indonesia untuk mendapatkan rekor Muri.

“Kegiatan ini bukan hanya seremonial saja namun ada pesan moral yang kami coba sampaikan kepada generasi yang kelak akan mengisi bangsa ini dengan sejuta talenta,” pungkasnya.

Sementara itu, Yusni, Kepala SD Negeri 3 Calang mengucapkan terima kasih kepada para Apoteker yang sudah menyelenggarakan kegitan tersebut di sekolahnya.

“terima kasih sudah memilih siswa sekolah kami, dengan adanya kegiatan ini, siswa nantinya mampu mengenal lebih dalam seputaran obat,” ungkapnya. (Zammil)

BERBAGI