Terjadi Kontak Tembak, Pimpinan KKB Abu Razak Tewas Bersama 2 Anggotanya

    BERBAGI
    Mobil yang dikendarai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Abu Razak dan tiga anggota KKB lainnya, diamankan aparat kepolisian setelah terjadi kontak tembak Kamis sore tadi (19/9/2019). (Foto/Ist)

    Banda Aceh (Waspada Aceh) – Pemimpin Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Abu Razak dan tiga anggota KKB lainnya, dilaporkan tewas dalam kontak tembak dengan aparat kepolisian di Gampong Keude, Kecamatan Trienggadeng, Pidie Jaya, Kamis petang (19/9/2019).

    Direktur Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito, melalui siaran persnya membenarkan terjadinya kontak tembak, yang telah menewaskan tiga orang, termasuk Abu Razak, satu kritis dan satu lainnya diamankan. Abu Razak adalah Napi yang kabur dari Lapas Kelas IIA Kota Lhokseumawe, pada 20 September 2017.

    “Iya, KKB yang memeras dan ngancam pakai senpi panjang. Tiga orang pelaku meninggal dalam kontak tembak,” jelas Agus.

    Pihak kepolisian juga telah menyita beberapa pucuk senjata api di lokasi kejadian. Kelompok kriminal bersanjata ini diduga berkaitan dengan kasus di Bireuen.

    “Yang kita amankan senjata api jenis AK beserta magazen, sangkur dan lainnya. Untuk informasi lengkap nanti akan disampaikan lagi,” pungkasnya.

    Berita Terkait: Kontak Tembak Gegerkan Warga Tringgadeng

    Awalnya tim Opsnal mendapat informasi bahwa Abu Razak beserta anggotanya mengendarai mobil Avanza dengan nomor polisi BL 1342 R, turun dari Bukit Cendana menuju ke arah Banda Aceh. Kemudian tim mengejar para pelaku dan terjadi kontak tembak di lokasi kejadian, yang menyebabkan tiga KKB tewas, satu orang kritis dan satu lainnya berhasil diamankan.

    Para tersangka yang tewas adalah Abu Razak, Zulfikar, Hamni, sementara satu orang yang kritis tertembak, yaitu Wan Neraka, yang hingga saat ini masih dirawat di Rumah Sakit Sigli. Sedangkan satu tersangka lagi, Wan Ompong, langsung diamankan ke Polres Bireuen.

    Polisi juga mengamankan tersangka bersama barang bukti berupa AK 56 lipat, revolver dan peluru diperkirakan berjumlah 100 butir. (Ria)

    BERBAGI