Beranda Sumut Terdeteksi 6 Hotspot di Sumut, Medan Dilanda Kabut Asap

Terdeteksi 6 Hotspot di Sumut, Medan Dilanda Kabut Asap

BERBAGI
Asap terlihat jelas dari atas Fly Over kawasan Brayan Medan. (waspadaaceh/sulaiman achmad)

Medan — Terpantau di wilayah Kota Medan maupun kawasan Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara, paparan kabut asap yang mulai mengganggu pandangan, pada Rabu pagi (18/9/2019).

“Hingga kini terdeteksi dari satelit TERRA, ada 6 hotspot di Sumut. Titik api ini berada di daerah Kabupaten Asahan, Humbahas, Paluta serta Kabupaten Labuhan Batu,” kata Kepala BMKG Wilayah I Medan, Edison Kurniawan di Medan.

Edison mengatakan, di Sumut saat ini angin mengarah dari Tenggara ke Barat Daya. Untuk itu, Medan dan Deli Serdang terdamp asap yang berasal dari 4 daerah tadi.

“Pengamatan kita, saat ini kelembaban udara cukup tinggi (RH 80%) dan suhu 27°C. Sehingga indikasinya kabut akan bertahan. Hujan diperkirakan akan terjadi pada malam hingga dini hari,” ujarnya.

Edison menjelaskan jarak pandang juga masih tergolong normal. Apalagi untuk penerbangan, baik di Kualanamu maupun FL Tobing.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Medan, dr Edwin Effendi mengimbau warga untuk mengurangi aktifitas di luar rumah. Jika pun harus keluar rumah disarankan agar menggunakan masker untuk menghindari paparan asap langsung.

“Perbanyak konsumsi buah khususnya bervitamin C. Dan lebih baik mengonsumsi vitamin. Agar terhindar dari resiko terkena paparan dampak asap langsung yang bisa berakibat pada ISPA,” jelasnya.

Edwin menilai sejauh ini diakuinya paparan asap di Medan masih taraf relatif aman. Berbeda dengan kondisi di Pekanbaru, Riau dan Kalimantan. Meskipun begitu dia tetap mengimbau warga Medan menggunakan masker bila berada di perjalanan.(sulaiman achmad)

BERBAGI