Bupati Aceh Barat: Tumpahan Batu Bara Harus Segera Dibersihkan

    BERBAGI
    Tumpahan material batu bara di sepanjang bibir pantai Desa Peunaga Cut Ujong Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Rabu (18/9/2019). (Foto/Riki)

    Meulaboh (Waspada Aceh) – Bupati Aceh Barat H.Ramli MS, Rabu (18/9/2019) di Meulaboh, menegaskan supaya segera membersihkan tumpahan material batu bara di sepanjang bibir pantai Desa Peunaga Cut Ujong dan Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat.

    Meski masih belum diketahui secara pasti dari mana material batu bara tersebut tumpah, Bupati Aceh Barat ini yakin, tidak ada satu pun investor batubara yang mau membuang material batu bara ke laut dengan sengaja.

    Namun menurutnya, material batu bara yang tumpah di sepanjang garis pantai di Kecamatan Meureubo, sudah mulai dibersihkan oleh PT Mifa Bersaudara dan PLTU Nagan Raya, sebagai pihak yang selama ini memproduksi dan menggunakan batu bara.

    “Jangan sampai tumpahan material batu bara ini menimbulkan persoalan baru yang merugikan masyarakat dan pelaku usaha,” kata Ramli.

    Pembersihan tumpahan material batu bara di sepanjang bibir pantai Desa Peunaga Cut Ujong dan Desa Peunaga Pasi tersebut harus dilakukan secepatnya dengan melibatkan masyarakat sekitar.

    Ramli juga mengaku sudah memerintahkan instansi terkait agar melakukan pemeriksaan uji kualitas air laut di sekitar tumpahan material batu bara. Tujuannya agar memastikan uji baku mutu air dan mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

    “Sejauh ini juga belum ada laporan kematian biota laut akibat tumpahan material batu bara ini. Kita berharap hal itu tidak terjadi,” ujar Bupati Aceh Barat itu. (Riki)

    BERBAGI