DPRK Sabang Sepakati Dua Fraksi

    BERBAGI

    Sabang (Waspada Aceh) – Hasil Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Sabang, hanya munculkan dua fraksi untuk masa jabatan 2019-2024. Dua fraksi tersebut, Fraksi Partai Aceh yang dipimpin H.Muhammad Isa dan Fraksi Partai Nasional Bersatu yang diketuai Darmawan.

    Munculnya dua fraksi merupakan hasil rapat Paripurna DPRK Sabang terkait dengan agenda pembentukan fraksi – fraksi di DPRK Sabang yang diselenggarakan pada 11 September 2019.

    Disebutkan hanya ada dua fraksi yang terbentuk dari 20 kursi yang diperoleh 7 partai politik (parpol) yang ada di Sabang, dengan komposisi Fraksi Partai Aceh 13 kursi terdiri dari Partai Aceh 11 kursi, bersama dua koalisinya Partai NasDes 1 kursi dan PAN 1 kursi. Fraksi Partai Nasional Bersatu hanya ada 7 kursi, terdiri dari Partai Golkar 2 kursi, Partai Demokrat 2 kursi, PBB 2 kursi dan PKS 1 kursi.

    Terbentuknya dua fraksi Ini menjadi dinamika baru bagi parlemen Kota Sabang. Karena kurun beberapa periode DPRK Sabang, biasanya selalu dihiasi oleh 3 fraksi, mengikuti jumlah pimpinan DPRK yang terdiri dari 3 (tiga) orang. Namun, pada periode kali ini, satu Fraksi Partai Nasional di isi oleh dua pimpinan DPRK yang berasal dari Partai Demokrat dan Partai Golkar.

    Ketua Fraksi Partai Nasional Bersatu, Darmawan menjelaskan, meskipun gabungan partai nasional di Kota Sabang hanya dapat membentuk 2 fraksi, tapi ini merupakan inisiatif bersama pimpinan partai politik nasional di Kota Sabang.

    “Dan ini tidak lain, guna memperkuat eksistensi dan kiprah partai politik nasional di Kota Sabang,” katanya.

    Sebagaimana diketahui, hasil Pemilu 2019, Partai Aceh unggul di Kota Sabang secara telak memperoleh lebih 50 persen dari keseluruhan kursi yang ada di DPRK Sabang yakni, 11 kursi, diikuti peringkat kedua Partai Demokrat 2 kursi, peringkat ketiga Partai Golkar 2 kursi.

    Sementara suara terbanyak keempat, PBB 2 kursi, dan diikuti partai lainnya, PAN, PKS serta Partai NasDEM masing-masing hanya memperoleh 1 kursi.(Ria)

    BERBAGI