Dua Unit Rumah Semi Permanen di Aceh Jaya Terbakar

    BERBAGI
    Rumah warga Desa Sentosa Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, tampak terbakar, Selasa (10/9/2019). (Foto/Zammil)

    Calang ( Waspada Aceh ) – Dua unit rumah semi permanen beserta kios kontruski kayu milik warga Desa Sentosa Kecamatan Krueng Sabe, Aceh Jaya, Selasa (10/9/2019), hangus terbakar.

    “Kejadian sekitar pukul 11.00 WIB. Api menghanguskan bagian dapur dan bangunan rumah depan,” tutur Ismail, Kabid Kesiapsiagaan di BPBK Aceh Jaya kepada wapadaaceh.com saat diwawancarai di lokasi kejadian.

    Saat ini, lanjutnya, sedang dilakukan upaya pemadaman dan kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

    Sementara, laporan yang diterima waspadaaceh.com dari Destian Yurisfan, Petugas Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya menerangkan, rumah tersebut milik Bustami T. Sabi, 65, dan 1 unit rumah beserta kios milik Malari. Keduanya warga Desa Sentosa Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya.

    “Api menghanguskan hingga keseluruh bagian bangunan rumah hingga menyebabkan bagunan tersebut mengalami rusan berat (RB),” jelasnya.

    Api, tambahnya, bermula dari dapur rumah milik Bustami T. Sabi lalu menjalar ke rumah depan dan berimbas kepada rumah serta kios milik Malari.

    “Penyebab dari kebakaran tersebut belum diketahui pasti dan masih dilakukan penyelidikan oleh pihak berwajib. Namun dugaan sementara akibat dari arus pendek listrik. Pada saat kejadian, rumah dalam keadaan kosong. Setibanya penghuni di rumah, api di ruang tengah sudah membesar. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” paparnya.

    Kembali Destian menjelaskan, dalam upaya pemadaman tersebut, Kepala Pelaksana BPBK Aceh Jaya, Muhktaruddin, telah mengerahkan TRC dan 4 (empat ) unit armada Damkar, masing – masing dari Pos Calang, Pos Panga, Pos Teunom dan 1 unit armada tangki air, serta dibantu 1 unit armada water canon milik polri (Brimob).

    Api berhasil dipadamkan sekira pukul 12.20 WIB. Dilanjutkan dengan pendinginan. Angin kencang menyebabkan api dengan cepat menjalar dan kondisi saat pemadaman dalam keadaan hujan.

    “Saat pemadaman berlangsung dibantu oleh Anggota Koramil dan Polsek serta warga setempat,” tutupnya. (zammil)

    BERBAGI