Beranda Sumut Wali Kota Medan: Koperasi yang Sehat, Dongkrak Perekonomian Masyarakat

Wali Kota Medan: Koperasi yang Sehat, Dongkrak Perekonomian Masyarakat

BERBAGI
Wali Kota Medan saat meninjau stand di Harkopnas Medan didampingi Kadiskop dan UMKM Kota Medan, Edliati. (Foto/sulaiman achmad)

Medan–Wali Kota Medan H.T.Dzulmi Eldin menyatakan, jika koperasi berkembang dengan baik maka akan menjadi salah satu pemicu perekonomian dan mendorong prekonomian masyarakat.

Hal itu diungkapkan Dzulmi Eldin saat membuka acara Peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 72 dalam acara UKM Expo2019 yang digelar Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan di Lapangan Gajah Mada Jalan Gajah Mada Medan, Rabu (4/9/2019). Kegiatan yang diikuti puluhan pelaku UMKM itu tersusun rapi dalam stand-stand yang menarik.

Dalam kesempatan itu, wali kota juga menyerahkan penghargaan kepada koperasi yang sehat dan berkembang. Salah satunya kepada Rektor Universitas HKBP Nomensen Haposan Siallagan yang juga Ketua Organda Sumut.

“Koperasi yang sehat menjadi salah satu pemicu mendongkrak perekonomian masyarakat. Untuk itu, kita mendorong koperasi dapat berkembang dengan baik dan sehat,” kata Eldin.

Sementara, dalam kesempatan itu Kadis Koperasi dan UMKM Kota Medan, Edliati menjelaskan, pelaksanaan Harkopnas ini melibatkan berbagai pelaku UMKM dan Koperasi di Kota Medan. Selain itu, sebagai bentuk apresiasi pihaknya juga memberikan penghargaan kepada koperasi yang masuk kategori sehat.

Saat ini, Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan mencatat hingga mendekati akhir triwulan ketiga 2019, sudah 136 koperasi yang diberi penilaian kategori sehat. Dari data itu terdapat 400 koperasi di Kota Medan yang kualitasnya sudah cukup baik.

“Ke depan kita akan terus melakukan pembinaan dengan memberikan rekomendasi membuka kantor cabang. Kebanyakan koperasi di Kota Medan bergerak di bidang simpan pinjam dan sejauh ini sudah memberikan manfaat yang positif terhadap anggota,” jelasnya.

Peringatan Harkopnas untuk tingkat Kota Medan dipusatkan di Lapangan Gajah Mada dan dirangkaikan dengan UKM Expo yang diikuti 38 stand UMKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan.(Sulaiman achmad)

BERBAGI