Beranda Olahraga Tim Rugby Aceh Putra dan Putri Lolos PON Papua 2020

Tim Rugby Aceh Putra dan Putri Lolos PON Papua 2020

BERBAGI
Ketum KONI Aceh, Muzakir Manaf, memberikan motivasi kepada Tim Rugby Putri Aceh ketika menghadapi Tim Unggulan Banten di Lap. Buduk Mengwi, Kab. Badung - Bali pada ajang Pra PON Cabor Rugby. (Foto/Ist)

Banda Aceh (Waspada Aceh)- Prestasi yang cukup membanggakan ditunjukkan oleh Tim Rugby Aceh Putra dan Putri pada Pra Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) Cabang Olahraga Rugby yang berlangsung di Bali, 27 – 31 Agustus 2019.

Pada event itu Tim Rugby Aceh Putra dan Putri dinyatakan Lolos menuju PON Papua 2020, kata Ketua Umum Pengprov Rugby Aceh, Andry Agung, di Banda Aceh, Selasa (3/9/2019).

Dia menyebutkan bahwa dalam Pra PON Cabor Rugby kali ini hanya meloloskan 5 Tim Terbaik dari 17 Pengprov PRUI se – Indonesia untuk menuju PON Papua 2020.

“Perjuangan para Atlet Rugby Aceh untuk masuk dalam 5 besar sebagai syarat untuk lolos menuju PON Papua 2020 sangat luar biasa,” tutur Andry.

Dengan berbagai keterbatasan, di mana Cabor Rugby saat ini hanya masuk dalam kategori 3, ditambah tidak adanya try out, tetapi Tim Rugby Aceh baik putra maupun putri menunjukkan prestasi yang cukup membanggakan.

“Kedatangan Ketua Umum KONI Aceh H. Muzakkir Manaf ke ajang Pra PON Cabor Rugby ini membuat motivasi yang sangat tinggi bagi para atlet Rugby Aceh untuk memenangkan pertandingan,” kata Andry.

Dengan menggunakan sistem seaded setengah kompetisi ini, setiap tim bisa bermain 4-5 kali dalam seharinya. Sehingga dibutuhkan stamina yang kuat dalam tim agar dapat lolos dalam ajang Pra PON Cabor Rugby.

“Kami sangat bahagia, terutama untuk Tim Rugby Putri Aceh yang baru beberapa bulan berlatih dengan ‘keras’, mampu untuk mengalahkan Tim Unggulan Banten dengan score 26-0, dan lolos menuju PON Papua 2020 dengan mengalahkan Tim Kaltim dengan score 38-0 pada hari terakhir,” tutur Andry dengan bahagia.

Diakui oleh Andry bahwa Tim Rugby Aceh baik yang putra maupun yang putri masih banyak kelemahan. Berbagai kelemahan tersebut akan menjadi catatan bagi Tim Rugby Aceh dalam mempersiapkan Tim nantinya pada PON Papua 2020.

“Dengan Pelatda PON Papua 2020 yang sekitar 10 bulan nantinya, Insya Allah semua titik lemah yang ada akan kita perbaiki, sehingga Target Final di PON Papua 2020 bisa terwujud,” kata Andry.

Pra PON Cabor Rugby meloloskan 5 Tim untuk menuju PON Papua 2020. Adapun Tim Putra yang lolos adalah : DKI Jakarta, Yogyakarta, Banten, Jawa Barat dan Aceh. Sedangkan untuk Tim Putri yang lolos adalah : DKI Jakarta, Bali, Yogyakarta, Jawa Barat dan Aceh.

Pengprov Rugby Aceh mengucapkan terima kasih kepada KONI Aceh, Dispora Aceh, Kakesdam IM, PT. Dunia Barusa dan Bank Aceh Syariah yang telah mendukung penuh Tim Rugby Aceh pada ajang Pra PON ini.

“Ucapan terima kasih saya untuk seluruh Atlet Rugby Aceh Putra dan Putri, juga kepada Coach Septi Hariansyah, Aswadi, Ass Coach Harits, Rahmad,” pungkas Andry. (Ria)

BERBAGI