Beranda Aceh Sampah Berselemak di Sisi Sungai Comex, Camat dan TNI/Polri Kerja Bakti

Sampah Berselemak di Sisi Sungai Comex, Camat dan TNI/Polri Kerja Bakti

BERBAGI
Anggota TNI ikut membantu warga membersihkan sampah di kawasan sekitar sungai Comex di Gayo Lues. (Foto/Jasvira)

Blangkejeren (Waspada Aceh) – Kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya masih minim, menyebabkan sungai Comex Penosan, Kecamatan Blangjerango, Kabupaten Gayo Lues, berselemak sampah rumah tangga.

Tampak di lokasi sekitar pinggir sungai, tumpukan sampah berjejer hampir sepanjang tepian sungai Comex, persisnya dekat jalan menuju kantor Camat Blangjerango. Tumpukan sampah tersebut umumnya berasal dari sampah rumah tangga seperti kantongan plastik, kaleng bekas susu, sisa bungkus nasi dan botol mineral serta jenis sampah lainnya.

Menurut dugaan, selain bersumber dari sampah warga yang tinggal di sepanjang aliran sungai, sampah ini juga berasal dari para pengunjung objek wisata yang terletak di hulu.

Dikhawatirkan, sampah yang berserakan tersebut akan mencemari aliran sungai. Padahal sebagian besar warga di pemukiman padat penduduk itu, masih menggunakan air sungai Comex sebagai sumber kebutuhan air warga.

“Kesadaran warga, masih sangat minim. Begitu juga kurangnya imbauan dari pihak terkait”, ujar warga setempat, Syamsir, Jumat (9/8/2019).

Seharusnya, kata Syamsir, pihak terkait seperti camat dan instansi lainnya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahayanya membuang sampah sembarangan. Setidaknya, kata dia, ada plang peringatan agar tidak membuang sampah di sepanjang aliran sungai Comex.

“Untuk tahap awal bolehlah diadakan acara gotong-royong bersama membersihkan aliran sungai,” tandas Syamsir.

Terkait kondisi ini, Camat Blangjerango, Abdul Rahman, bersama Muspika Kecamatan, baru-baru ini menggelar kerja bakti membersihkan aliran sungai Comex-Penosan dari tumpukan sampah, pada hari Sabtu (9/8/2019).

Selain bertujuan menyeterilkan aliran sungai tersebut, bakti sosial yang melibatkan anggota TNI/Polri terdiri dari Pasiter Kodim 0113/GL, Danpos Ramil 04 serta jajaran Polsek Blangjerango, ingin menunjukkan kepada warga betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

“Sepanjang aliran sungai Comex ini kita bersihkan, sehingga dari hulu ke hilir akan bersih,” kata camat, sembari menjelaskan mereka dibantu oleh warga.

Kegiatan itu tidak hanya fokus sebatas membersihkan sungai, tetapi sampah di sisi jalan juga sudah dibersihkan dan akan dipindahkan ke tempat pembuangan akhir. “Untuk mengangkut sampah ke TPA kita manfaatkan roda empat milik warga,” jelasnya.

Untuk itu camat mengingatkan kepada pengulu kampung Penosan dan warga sekitar, agar menjaga dan mengawasi lingkungannya agar tetap bersih dan terbebas dari sampah.(Jasvira)

BERBAGI