Beranda Sumut Hujan Es Terjang Dua Desa di Sumatera Utara

Hujan Es Terjang Dua Desa di Sumatera Utara

BERBAGI
ILUSTRASI (Foto/Ist)

Padangsidimpuan–Menjadi peristiwa langka, bahkan hampir tidak pernah terjadi sebelumnya, ketika hujan es disertai angin kencang menerjang Desa Kayu Laut, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, Rabu (10/7/2019).

Reporter waspadaaceh.com yang saat ini berada di Kota Padangsidimpuan, sekitar 100 Kilometer dari Kayu Laut, melaporkan Rabu malam, butiran es sebesar ibu jari, mengantam rumah penduduk dan mengakibatkan kerusakan.

“Terutama rumah penduduk yang masih menggunakan atap nipah mengalami kerusakan karena butiran es itu,” ujar salah seorang warga Panyabungan, Bustami Nasution, kepada reporter waspadaaceh.com.

Terkait hujan es ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mandailing Natal, mengaku sudah mengerahkan petugasnya ke lokasi yang dilanda hujan es tersebut.

“Kita juga mendapatkan laporan adanya pohon besar dan tiang listrik yang tumbang,” kata Ketua BPBD Madina, Muhammad Yasir Nasution.

Yasir Nasution telah menyampaian imbauan kepada masyarakat di kawasan itu untuk tetap tenang, dan agar tetap berada di dalam rumah demi keamanan. Dia juga mengimbau warga untuk sementara menghentikan aktifitas mengendara di wilayah tersebut.

Sementara itu, hujan es juga dilaporkan melanda Desa Jandi Meriah, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, Rabu malam (10/7/2019).

Salah seorang warga di Tiganderket, Kabupaten Karo, M.Ginting, menyebutkan, warga sempat panik ketika guyuran hujan es itu melanda kawasan itu sekitar pukul 20.00 WIB.

Para pengendara terpaksa menghentikan perjalanannya, dan memilih untuk segera berteduh, karena butiran es terasa cukup mengganggu dan menyakitkan ketika mengenai wajah dan bagian tubuh lainnya.

“Suara butiran es ketika mengenai atap rumah, terdengar cukup kuat, Seperti diterpa batu kerikil dari udara,” kata Ginting.

Seperti juga Tigandederket, Karo, yang dekat dengan lokasi gunung merapi Sinabung, Desa Kayu Laut di Mandailing Natal juga lokasinya berdekatan dengan gunung api, Sorik Merapi.

Jarak antara Kabupaten Karo dengan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) cukup jauh, sekitar 600 Kilometer. Madina berbatas langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, sedangkan Kabupaten Karo berbatas langsung dengan Provinsi Aceh.

Atas peristiwa langka tersebut, belum ada laporan tentang jatuhnya korban, namun banyak rumah penduduk yang mengalami kerusakan. (sulaiman achmad)

BERBAGI